Bolehkah Seorang Janda Menikah Tanpa Wali Mengapa?

Sebagian ulama beranggapan bahwa seorang janda boleh menikah tanpa adanya wali mengingat dirinya yang sudah melakukan pernikahan sebelumnya, namun bukan berarti pada pernikahan kedua, dia menikah tanpa sepengetahuan wali. Karena tujuan dari pernikahan tentu untuk membangun Rumah Tangga yang tenteram dan jauh dari kegelisahan.

Bagaimana hukum menikah tanpa wali bagi seorang janda?

Bagaimana Hukum Menikah Tanpa Wali bagi seorang Janda? Dalam pernikahan, adanya wali merupakan rukun yang wajib dipenuhi, hal ini berdasar pada hadits Nabi Muhammad SAW. “Tidak ada pernikahan kecuali dengan adanya wali dan saksi (dua orang) yang adil.” (Hadits Riwayat Ibnu Hibban 4075 & ad-Daruquthni 3579, dan dihasankan Syuaib al-Arnauth).

Apakah harus menikah tanpa wali?

Pernikahan tanpa adanya wali tersebut haruslah dihindari. Saat akan menikah hendaknya pihak perempuan telah memiliki wali dan ini berlaku pada semua perempuan termasuk semua perempuan yang masih kecil atau dewasa, baik perawan atau sudah janda. Dan apabila syarat ini tidak dipenuhi maka status perkawinannya tidak sah.

Apakah Janda boleh nikah tanpa wali?

Dari pemaparan di atas bisa kita pahami bahwa menurut yang memperbolehkan pernikahan janda tanpa wali ialah madzhab Hanafiyyah, mengingat madzhab tersebut tidak menjadikan keberadaan wali sebagai rukun nikah.

Apakah Janda boleh nikah tanpa wali?

Dari pemaparan di atas bisa kita pahami bahwa menurut yang memperbolehkan pernikahan janda tanpa wali ialah madzhab Hanafiyyah, mengingat madzhab tersebut tidak menjadikan keberadaan wali sebagai rukun nikah.

You might be interested:  Mengapa Penting Bagi Kita Untuk Menjaga Keberagaman?

Apakah perempuan Jomblo boleh menikah tanpa wali?

Sedang pada hadits ‘Janda lebih berhak atas dirinya dari pada walinya, dan gadis dimintai persetujuannya dan persetujuannya adalah diamnya’ Kata Buya Husein, dalam hadits lain redaksi hadits di atas menggunakan kata الأيم, artinya perempuan jomblo, tidak memiliki pasangan, baik masih gadis atau janda, boleh menikah tanpa wali.

Apakah wanita dewasa berhak menikah dengan lelaki yang ia cintai?

Sedang untuk wanita dewasa yang normal akalnya baik masih gadis ataupun janda maka tidak ada seorangpun berhak menjadi perwalian atas nikahnya, dia bisa menjalani pernikahan dengan lelaki yang ia cintai bila memang sepadan dengannya. Bila tidak, seorang wali berhak menentang dan menfasakh (merusak) pernikahannya”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *