FAQ: Pajak Hotel Termasuk Pajak Apa?

Pajak hotel dan restoran termasuk pajak apa?

1. Pajak Hotel, Restoran dan Hiburan merupakan pajak yang bersifat self assessment, dimana Wajib Pajak menghitung, memperhitungkan dan menetapkan pajak terutang serta membayar sendiri pajaknya sendiri.

Apa saja yang termasuk pajak hotel?

Objek Pajak Hotel adalah pelayanan yang disediakan oleh hotel dengan pembayaran, termasuk jasa penunjang sebagai kelengkapan hotel. Jasa penunjang sebagaimana dimaksud adalah fasilitas telepon, faksimile, teleks, internet, fotokopi, pelayanan cuci, seterika, transportasi, dan fasilitas sejenis lainnya yang disediakan

Apakah yang dimaksud dengan pajak hotel?

Menurut Peraturan Daerah (Perda) Nomor 08 Tahun 2010, Pajak Hotel adalah pengenaan (pemungutan) pajak terhadap setiap pelayanan yang disediakan hotel dengan pembayaran.

Berapa pajak kamar hotel?

Dasar pengenaan Pajak Hotel adalah jumlah pembayaran atau yang seharusnya dibayar kepada hotel. Tarif Pajak Hotel ditetapkan sebesar 10 % (sepuluh persen).

Apakah yang dimaksud dengan pajak restoran?

Dengan Nama Pajak Restoran dipungut Pajak sebagai pembayaran atas pelayanan yang disediakan oleh Restoran. Pelayanan yang disediakan restoran sebagaimana dimaksud meliputi pelayanan penjualan makanan dan/atau minuman yang dikonsumsi oleh pembeli, baik dikonsumsi di tempat pelayanan maupun di tempat lain.

You might be interested:  Quick Answer: How To Check Into A Hotel?

Pajak apa saja yang harus dibayar oleh restoran?

Apa Saja Kewajiban Perpajakan Bisnis Restoran?

  • PPh Pasal 21 atas pembayaran gaji, tunjangan, bonus kepada karyawan atau pihak perorangan lain yang berjasa.
  • PPh Pasal 23 atas pembayaran jasa ke Badan Usaha lain di dalam negeri.
  • PPh Pasal 25 atas angsuran PPh Tahunan.

Kapan saat terutangnya pajak hotel?

Pajak Hotel yang terutang terjadi pada saat pembayaran kepada pengusaha hotel atas pelayanan di hotel. Dalam hal pembayaran dilakukan sebelum pelayanan hotel diberikan, pajak terutang pada saat terjadi pembayaran.

Pajak hotel dipungut oleh siapa?

Pajak hotel adalah pajak yang dipungut oleh pemerintahan daerah, baik Kabupaten/Kota. Objek pajak hotel adalah pelayanan yang disediakan oleh hotel dengan pembayaran, termasuk jasa penunjang sebagai kelengkapan hotel yang sifatnya memberikan kemudahan dan kenyamanan, termasuk fasilitas olahraga dan hiburan.

Berapa penetapan pajak hotel dan Tata Cara pembayaran pajak hotel?

Tarif Pajak Hotel ditetapkan sebesar 10% (sepuluh persen). Besaran pokok Pajak Hotel yang terutang dihitung dengan cara mengalikan tarif sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 dengan dasar pengenaan pajak sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5. Pajak Hotel dipungut di wilayah Daerah.

Pajak hotel memiliki subyek pajak dan wajib pajak yang berbeda siapa yang menjadi wajib pajak hotel?

Sementara itu, menurut Pasal 33 UU PDRD, subjek pajak hotel adalah orang pribadi atau badan yang melakukan pembayaran kepada orang pribadi atau badan yang mengusahakan hotel. Adapun wajib pajak hotel adalah orang pribadi atau badan yang mengusahakan hotel. Dengan kata lain, pengguna jasa hotel (konsumen) yang memiliki

Bagaimana cara menghitung pajak hotel?

Cara Menghitung Pajak Hotel Anda (PB1)

  1. Harga kamar + Service Charge 10% + Pajak 10%
  2. Harga Kamar + (Harga Kamar x 10% ) + ((Harga Kamar + ( Harga Kamar x 10% )) x 10% )
  3. Harga Kamar + (Harga Kamar x 10% ) + (Harga Kamar x 10% ) + (Harga Kamar x 10% x 10% )
  4. Harga Kamar x ( 1 + 10% + 10 % + (10 % x 10%)
You might be interested:  Readers ask: What Is A Hotel?

Pajak restoran masuk kemana?

Hal ini sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD). Menyebutkan bahwa pajak restoran masuk dalam kategori pajak daerah, tepatnya pajak kabupaten/kota, yang mendefinisikan Pajak Restoran sebagai pajak atas pelayanan yang disediakan oleh restoran.

Apakah boleh menginap di hotel lebih dari 2 orang?

Pihak hotel telah menerapkan aturan, jika kamar hotel hanya bisa ditempati oleh dua orang dewasa. Untuk menghindari hal tersebut, tamu bisa memesan satu kamar lagi agar sesuai kapasitas.

Berapa tarif pajak hiburan?

Perhitungan Besaran Pajak Hiburan Tarif Pajak Hiburan ditetapkan: Tontonan film, sebesar 20 % (dua puluh persen); Pagelaran kesenian, musik, tari, dan/atau busana, sebesar 10 % (sepuluh persen); Kontes kecantikan, binaraga, dan sejenisnya, sebesar 20 % (dua puluh persen);

Apakah hotel dipotong PPh 23?

Tidak Dilakukan Pemotongan PPh Pasal 23 oleh Badan 03/2015 disebutkan bahwa jasa perhotelan tidak termasuk dalam jasa lain yang atas pembayarannya dilakukan pemotongan PPh Pasal 23 dan pembayarannya bukan dibebankan pada APBN atau APBD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *