Jelaskan Mengapa Manusia Harus Bertanggung Jawab Terhadap Tindakannya?

Manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatannya itu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengabdian atau pengorbanannya. Karna dengan adanya tanggung jawab kita akan mendapatkan hak kita seutuhnya.
Jawaban: Karena, kita dibumi ini, hidup bersama orang lain dan setiap tindakan kita pasti akan berdampak kepada mereka baik langsung dan tidak langsung. Oleh sebab itu, kita harus bertanggung jawab dengan segala tindakan kita, supaya apa yang kita lakukan di dunia ini tidaklah hanya untuk kesenangan dan sia-sia.

Apakah manusia bertanggung jawab atas segala tindakan dan perbuatannya di dunia?

Salah satu ayat Al-Quran yang menyebutkan bahwa manusia bertanggung jawab atas segala tindakan dan perbuatannya di dunia-termasuk perbuatan dosa-adalah Surat An-Nisa’ ayat 79 yang berbunyi: “Kebajikan apa pun yang kamu peroleh, adalah dari sisi Allah, dan keburukan apa pun yang menimpamu, itu dari (kesalahan) dirimu sendiri.

Mengapa manusia harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat?

Sehingga dengan demikian manusia di sini merupakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsunggkan hidupnya dalam masyarakat tersebut. Wajarlah apabila semua tingkah laku dan perbuatannya harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat.

Mengapa manusia dibebani tanggung jawab?

Agar manusia dalam hidupnya mempunyai “harga”, sebagai pengisi fase kehidupannya itu maka manusia tersebut atas namanya sendiri dibebani tanggung jawab. Sebab apabila tidak ada tanggung jawab terhadap dirinya sendiri maka tindakannnya tidak terkontrol lagi.

You might be interested:  Kapan Pembukaan Prakerja Gelombang 18?

Apakah manusia dituntut untuk mempertanggung jawabkan apa yang tidak dilakukannya?

Manusia tidak dituntut untuk mempertanggung jawabkan apa yang tidak dilakukannya, sekalipun hal tersebut diketahuinya. Disisi lain, ditemukan ayat-ayat yang menegaskan bahwa pertanggung jawaban tersebut berkaitan dengan perbuatan yang disengaja, bukan gerak refleks yang tidak melibatkan kehendak Allah.

Mengapa orang yang bertanggung jawab dalam hidup akan semakin dekat dengan kesuksesan?

Orang yang bertanggung jawab dalam hidup akan semakin dekat dengan kesuksesan karena mereka selalu melihat diri mereka sebagai seseorang yang perlu disalahkan. Dengan demikian, mereka akan berusaha menjadi lebih baik. 3. Orang yang Bertanggung Jawab Memiliki Kendali Penuh Atas Hidupnya.

Apa yang dimaksud dengan bertanggungjawab?

Sehingga bertanggungjawab adalah kewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawaban dan menanggung akibatnya. Tanggungjawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Apa yang dimaksud dengan tanggung jawab?

Tanggung jawab adalah ciri dari orang yang beradab dan berbudaya, Manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik dan buruknya terhadap segala perbuatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *