Mengapa Dalam Menghadapi Kemajuan Iptek Diperlukan Sikap Selektif?

Sikap Selektif terhadap Kemajuan Iptek Adjarian, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahawa kemajuan iptek bisa memberikan dampak positif dan negative bagi bangsa Indonesia. Nah, untuk mencegah dampak negatif, maka diperlukan sikap yang tegas terhadap kemajuan iptek ini.

Bagaimana kita menghadapi pengaruh kemajuan IPTEK dengan selektif?

Dan IPTEK juga akan banyak kita temukan di tempat tempat industri dan pabrik pabrik. Banyak cara bagaimana kita menghadapi pengaruh kemajuan IPTEK dengan selektif,seperti yang kita ketahui kemajuan IPTEK ini bisa berdampak positif dan negative baik dalam bidang ekonomi,bidang sosial,dan bidang pendidikan.

Apa saja contoh sikap selektif terhadap kemajuan IPTEK di berbagai bidang?

Berikut ini adalah contoh sikap selektif terhadap kemajuan IPTEK di berbagai bidang, seperti politik, hukum, ekonomi, sosial budaya, serta pertahanan dan keamanan: Menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan

You might be interested:  Kapan Gerhana Bulan Total Terjadi 2021?

Apa yang dimaksud dengan sikap selektif?

Nah, kami akan menguraikannya di bawah. Kami akan menunjukkan contoh sikap selektif yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk menolak pengaruh negatif dari kemajuan IPTEK. Yuk, berikut ini pembahasannya Apa yang dimaksud dengan sikap selektif? Jadi, sikap selektif adalah sikap memilih-milih, melakukan seleksi, atau melakukan penyaringan.

Mengapa dalam kemajuan IPTEK diperlukan sikap yang selektif?

Kemajuan IPTEK harus disikapi dengan sikap selektif. Artinya kita harus mampu memilah mana yang berdampak positif dan mana yang berdampak negatif. Dengan melakukan hal tersebut kita dapat terhindar dari dampak buruk dari kemajuan IPTEK.

Apa yang dimaksud dengan sikap selektif di dalam menghadapi berbagai pengaruh kemajuan IPTEK?

Dapat bersikap selektif

Yaitu dengan mengambil hal positif dari kemajuan Iptek untuk kemajuan dan kepentingan pemenuhan kebutuhannya. Serta menghindari dan menjauhkan diri pada pengaruh negatif yang membawa dampak buruk bagi keberlangsungan peradaban manusia itu sendiri.

Sikap selektif seperti apa yang bisa dilakukan dalam rangka menghadapi berbagai pengaruh akibat kemajuan IPTEK dalam kehidupan sehari hari?

Berikut contoh sikap selektif dalam menghadapi pengaruh IPTEK: Berpegang teguh pada dasar-dasar negara dan konstitusi. Mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Menegakkan supremasi hukum.

Bagaimana sikap selektif terhadap pengaruh kemajuan IPTEK dibidang hukum?

Sikap selektif dalam kemajuan iptek dibidang hukum pertahanan dan keamanan adalah dengan menggunakan tekonologi yang ada dengan sebijak mungkin dan tidak menggunakannya untuk hal yang dilarang oleh negara didalam UU ITE. Sikap selektif ini sangat berpengaruh bagi kehidupan masyarakat sekarang, karena kita tahu

Bagaimana sikap selektif terhadap pengaruh kemajuan IPTEK dibidang sosial budaya?

Sikap selektif yang bisa dilakukan masyarakat yaitu dengan terbuka terhadap hal yang berbau inovasi, serta perubahan di masyarakat. Dengan cara inilah kita dapat mengambil sisi positif dari perkembangan IPTEK untuk peradaban manusia di bumi, bagi keberlangsungan hidupnya.

You might be interested:  Kapan Gelombang 12 Ditutup?

Apa pengertian dari sikap selektif?

Sikap selektif adalah merupakan sikap atau tindakan yang mana seseorang individu bisa memilah-milah atau memilih, dalam melakukan seleksi, dan menyaring suatu informasi, budaya, adat, kebiasaan dari berbagai hal-hal yang asing.

Apa yang dimaksud dengan sikap selektif?

Sikap selektif dapat diartikan sebagai sikap untuk memiliki dan menentukan alternatif yang terbaik bagi kehidupan diri, lingkungan masyarakat, bangsa, dan negara melalui proses yang berhati-hati, rasional, dan normatif terhadap segala macam pengaruh dari luar sehingga apa yang telah menjadi pilihan dapat diterima oleh

Apa yang dimaksud dengan selektif?

Selektif dapat diartikan sebagai sikap yang pemilih terhadap hal-hal tertentu dengan pertimbangan dan alasan untuk menghindari efek yang tidak diinginkan.

Bagaimana cara membangun sikap selektif terhadap pengaruh kemajuan IPTEK dibidang politik?

Berikut ini adalah sikap selektif dalam menghadapi perkembangan IPTEK di bidang politik :

  • Menggunakan media sosial dengan bijak tanpa menyebarkan atau mengambil isu yang tidak benar atau menghujat terutama dalam masalah politik.
  • Berpegang teguh pada Pancasila.
  • Bagaimana cara membangun sikap selektif terhadap pengaruh kemajuan IPTEK dalam bidang pertahanan dan keamanan?

    Ada 5 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK di Bidang Hankam

    1. Melakukan Kerjasama dengan Negara Lain.
    2. Mendeteksi Dini Adanya Tindakan Kejahatan.
    3. 3. Tidak Melakukan Sabotase atau Spionase.
    4. Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Kekuatan Militer.
    5. Peningkatan Teknologi Satelit.

    Jelaskan apa yang dimaksud bersikap selektif dan berikan contohnya?

    Sikap selektif adalah sikap memilih-milih/melakukan seleksi/menyaring berbagai hal asing. Contohnya seperti bersikap selektif terhadap budaya asing yang mengharuskan kita untuk membuang budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

    Bagaimana sikap kita dalam menghadapi kemajuan IPTEK?

    Sikap dalam menghadapi perkembangan IPTEK diantaranya ialah sebagai berikut ini : Mengembangkan demokratisasi dalam segala bidang. Dapat memanfaatkan kegunaan IPTEK. Mengaktifkan masyarakat sipil dalam arena politik.

    You might be interested:  Mengapa Allah Itu Al - Alim Sebutkan Bukti - Buktinya?

    Bagaimana membangun sikap selektif terhadap pengaruh kemajuan IPTEK di bidang ekonomi?

    Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Kemajuan IPTEK di Bidang Ekonomi

  • Menciptakan dan Mendukung Berkembangnya Ekonomi Kerakyatan.
  • Melakukan dan Menumbuhkan Peningkatan Daya Saing.
  • Mencintai Produk dan Barang Lokal di Dalam Negeri.
  • Berpartisipasi dalam Meningkatkan Komoditas Ekonomi.
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *