Mengapa Masyarakat Indonesia Disebut Sebagai Masyarakat Multikultural?

Keberagaman masyarakat yang ada di Indonesia disebut sebagai masyarakat multikultural. adjar.id – Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak perbedaan pada masyarakatnya yang disebut juga sebagai masyarakat multikultural. Masyarakat multikultural terdiri dari berbagai suku, ras, budaya, bangsa, budaya, dan lain sebagainya.
Indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki keragaman yang begitu kompleks. Ini karena Indonesia yang merupakan negara kepulauan, memiliki masyarakat yang berbeda di setiap daerahnya. Maka tek heran jika keragaman tersebut membuat masyarakat Indonesia disebut sebagai masyarakat multikultural.
Indonesia bisa dikatakan masyarakat multikultural, karena faktor-faktor sebagai berikut: Keanekaragaman Ras Ada tiga ras yang dapat kita sebutkan yaitu

Apa pengaruh yang paling dominan dalam terbentuknya masyarakat multikultural?

Pengaruh yang paling dominan dalam terbentuknya masyarakat multikultural adalah sikap mental masyarakat itu sendiri. Sikap masyarakat yang cenderung primordial dan tidak adil akan menjadi faktor penghambat terciptanya masyarakat multikultural tersebut.

Mengapa masyarakat majemuk belum tentu dapat dinyatakan sebagai masyarakat multikultural?

Masyarakat majemuk ( plural society) belum tentu dapat dinyatakan sebagai masyarakat multikultural ( multicultural society ), karena bisa saja di dalamnya terdapat hubungan antarkekuatan masyarakat varian budaya yang tidak simetris yang selalu hadir dalam bentuk dominasi, hegemoni dan kontestasi.

You might be interested:  Money Heist Season 5 Sub Indo Kapan Tayang?

Mengapa masyarakat multikultural sulit menyatukan pendapat?

Singkatnya, masyarakat ini sulit menyatukan pendapat karena perbedaan-perbedaan yang mereka pegang. Secara relatif integrasi sosial tumbuh di atas paksaan dan saling tergantung secara ekonomi. Dengan berbagai perbedaan, masyarakat multikultural susah mendapatkan kesepakatan dalam berbagai hal.

Mengapa masyarakat Indonesia disebut sebagai masyarakat multikultural brainly?

Masyarakat Indonesia di sebut sebagai masyarakat multikultural karena Indonesia adalah negara yang memiliki banyak sekali keberagaman suku ban budayanya yang tersebar mulai dari Sabang sampai Merauke.

Apa yang dimaksud dengan multikultural masyarakat?

Parekh; Masyarakat multikultural ialah masyarakat yang memiliki berbagai jenis komunitas budaya dengan segala manfaat dan sedikit perbedaan yang ada, sejarah, adat-istiadat, dan kebiasaan yang ada.

Apa yang dimaksud multikultural di Indonesia?

Multikultural adalah keberagaman budaya yang menggambarkan kesatuan berbagai kelompok sosial, kebudayaan, dan suku bangsa yang berbeda dalam suatu negara. Masyarakat Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa, budaya, dan agama. Keragaman budaya tersebut menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang multikultural.

Apa yang dimaksud dengan bangsa yang multikultural brainly?

Penjelasan: negara multikultural merupakan negara yang terdiri dari berbagai macam kebudayaan. Khususnya Indonesia, Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam budaya,suku,agama,dan ras.

Apa yang dimaksud dengan multikultural dan multikulturalisme?

Multi artinya banyak, sedangkan kulturalisme artinya aliran/ideologi budaya. Multikulturalisme berarti pandangan yang mengakomodasi banyak aliran atau ideology budaya.

Apa itu multikulturalisme dan contohnya?

Contohnya : Indonesia yang memiliki berbagai Suku Bangsa, Agama, dan Ras merupakan contoh masyarakat multikultural. Multikulturalisme adalah suatu ideologi atau paham yang mengakui adanya perbedaan dalam kesederajatan individu maupun kelompok dalam suatu kebudayaan.

Bagaimana masyarakat multikultural di Indonesia?

Multikulturalisme yang tercipta di Indonesia sesungguhnya adalah akibat dari kondisi sosio-kultural maupun geografis yang begitu beragam dan luas. Diketahui bahwa dalam hal geografis, Indonesia memiliki banyak pulau dimana setiap pulau tersebut dihuni oleh sekelompok manusia yang membentuk suatu masyarakat.

You might be interested:  Mengapa Seorang Pemimpin Harus Jujur Dan Bijaksana Jelaskan?

Apa yang menyebabkan terbentuknya multikulturalisme?

Sedangkan yang kedua adalah masyarakat multikultural merupakan masyarakat yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa dan budaya. Faktor utama yang mendorong terbentuknya multikulturalisme adalah latar belakang ( historis ), kondisi geografis, dan keterbukaan terhadap kebudayaan luar.

Apakah masyarakat multikultural termasuk kategori deskriptif?

Dalam pengertian ini, masyarakat yang multikultural yang dimaksud di sini termasuk dalam kategori deskriptif. Menurut Furnival, masyarakat kompleks dibagi menjadi empat kategori, berdasarkan komposisi dan komunitas etnisnya, yaitu :

Apa yang dimaksud dengan masyarakat?

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut suatu sistem adat istiadat tertentu yang bersifat kontinyu, dan yang terikat oleh suatu rasa identitas bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *