Mengapa Pancasila Dijadikan Dasar Negara Oleh Bangsa Indonesia?

Indonesia memilih Pancasila sebagai dasar negara karena Pancasila merupakan jiwa bangsa Indonesia. Dalam arti, Pancasila lahir atau telah ada sejatinya sejak bangsa Indonesia lahir dan bukan sejak bangsa Indonesia merdeka. Di sini yang ditekankan adalah jiwa bangsa.
Mengapa Pancasila Dijadikan Sebagai Dasar Negara Indonesia? Pancasila dijadikan sebagai dasar negara Indonesia karena sesuai dengan jiwa bangsa Indonesia sendiri, demikian menurut Teguh Prasetyo dan Arie Purnomosidi dalam Membangun Hukum Berdasarkan Pancasila, seperti dikutip dari buku Memahami Pancasila karya Fais Yonas Bo’a dan Sri Handayani RW.

Mengapa harus dipertahankan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa?

Kedudukan Pancasila mengandung makna sebagai ideologi nasional, cita-cita, dan tujuan negara. Untuk itu, Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa perlu kita pertahankan. Jika tidak dipertahankan, maka bangsa Indonesia akan terpecah belah dan kehilangan tujuan dalam bernegara serta berbangsa.

Apa arti Pancasila bagi bangsa Indonesia?

Kelima sila dalam Pancasila perlu menjadi acuan dalam hidup bermasyarakat dan bernegara. Melansir dari buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan karya Edi Rohani, ini dia arti Pancasila bagi bangsa Indonesia. 1. Pancasila sebagai ideologi Indonesia

Apakah rumusan dasar negara disebut dengan Pancasila dan Trisila?

Oleh karena itu rumusan Sukarno di atas disebut dengan Pancasila, Trisila, dan Ekasila. Pada tanggal 31 Mei 1945, Soepomo pun menyampaikan rumusan dasar negaranya, namun rumusan ini tidak disertai penyebutan nama dasar negara, yaitu:

You might be interested:  Kapan Bahasa Indonesia Lahir?

Mengapa Pancasila dijadikan dasar negara bagi bangsa Indonesia?

Dikarenakan kefleksibelannya dalam mengikuti perkembangan zaman, serta kemampuannya dalam mencakup semua jajaran lini masyarakat. Sehingga dijadikanlah pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia.

Mengapa Pancasila dijadikan sebagai dasar negara Indonesia brainly?

Alasan Pancasila dijadikan sebagai dasar negara, ialah selain pancasila sebagai cita – cita dan tujuan bangsa, pancasila juga memiliki peran vital sebagai pedoman dalam setiap aktivitas di berbagai bidang masyarakat Indonesia.

Mengapa Pancasila dijadikan sebagai ideologi bangsa?

Pancasila dijadikan sebagai ideologi bangsa karena kelima sila di dalamnya bukan merupakan hasil pemikiran seseorang atau sekelompok orang. Namun, Pancasila diangkat dari nilai adat istiadat, nilai kebudayaan, dan nilai religius yang terdapat dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia sebelum membentuk negara. ADVERTISEMENT

Apakah Pancasila merupakan ideologi negara dan dasar falsafah?

Dari beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa Pancasila merupakan suatu ideologi negara dan dasar falsafah yang diharapkan menjadi pandangan hidup bangsa serta berperan juga sebagai modal untuk mewujudkan demokrasi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *