Mengapa Virus Dikatakan Sebagai Jembatan Antara Makhluk Hidup Dengan Benda Mati?

Virus disebut sebagai bentuk jembatan (peralihan) antara benda mati dan makhluk hidup, karena memiliki sifat makhluk hidup, yaitu dapat mereprodiksi atau memperbanyak diri. Namun virus juga memiliki sifat benda tak hidup, yaitu tidak memiliki susunan sel, dan hanya dapat berkembang pada organisme hidup tertentu.

Mengapa virus dapat dikatakan sebagai benda mati?

Virus oleh para ilmuwan dikatakan sebagai benda mati jika virus tersebut berada diluar sel hidup. Jika virus mendapatkan tempat pada sel hidup, maka virus akan menunjukkan aktivitas layaknya makhluk hidup yaitu mampu bereproduksi sehingga dapat bertambah banyak.

Mengapa virus dianggap sebagai makhluk hidup?

KOMPAS.com – Virus dapat dikatakan sebagai makhluk hidup karena memiliki kemampuan untuk memperbanyak diri. Namun, virus juga disebut bukan makhluk hidup karena dapat dikristalkan.

Mengapa virus disebut sebagai organisme seluler?

Sebagai organisme aseluler, struktur virus lebih sederhana dari mikroorganisme bersel satu lainnya. Karena Virus tidak memiliki inti sel, sitoplasma, ataupun membran sel. Virus berupa partikel (molekul) disebut virion.

Mengapa virus dikatakan sebagai benda mati brainly?

virus disebut sebagai peralihan antara benda mati dan makhluk hidup. dikatakan benda mati karena dapat dikristalkan dan tidak berprotoplasma. dikatakan makhluk hidup karena mampu berkembang biak dan mempunyai asam nukleat.

You might be interested:  Quick Answer: Apa Peran Hotel Dalam Perekonomian Global?

Apakah virus termasuk makhluk hidup brainly?

Virus dianggap sebagai makhluk hidup karena menunjukkan satu ciri kehidupan yakni reproduksi.

Mengapa virus dikatakan sebagai makhluk hidup yang tidak mandiri?

Namun, virus juga disebut makhluk tidak hidup karena tidak memiliki organel-organel seperti sel hidup. -Bersifat aseluler (tidak memiliki sel) dan tidak memiliki organel-organel sel.

Mengapa virus hanya dapat bereplikasi di dalam sel hidup?

Virus adalah mikroorganisme patogen yang hanya dapat bereplikasi di dalam sel makhluk hidup karena mereka tidak memiliki perlengkapan seluler untuk bereproduksi sendiri.

Apa yang membedakan virus dengan organisme lain?

Ciri khas virus yang tidak terdapat pada organisme lain adalah hanya dapat berkembang biak dalam sel hidup. Virus tidak memiliki organel ataupun alat untuk menyalin materi genetiknya sendiri (DNA atau RNA).

Apakah virus termasuk multiseluler?

Virus berbeda dengan organisme uniseluler maupun multiseluler, karena sebagai berikut: Virus bukan merupakan sel (aseluler). Virus tidak memiliki bagian-bagian sel seperti membran plasma dan sitoplasma (termasuk organel-organel sel). Partikel virus dapat dikristalkan.

Apakah yang dimaksud dengan benda tak hidup?

Sedangkan benda tak hidup adalah benda yang tidak bernyawa dan tercipta secara alamiah atau benda tersebut dibuat oleh manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *