Menurut Kamu Mengapa Terdapat Perbedaan Kandungan Gizi Pada Kedelai Dan Tempe?

Jawaban terverifikasi ahli Kedelai dan tempe sama-sama memiliki kandungan utama berupa protein. PERBEDAANNYA, TEMPE, mengandung protein yang lebih mudah dicerna oleh tubuh. Hal ini karena, pada proses pembuatan tempe, yaitu ketika kedelai ditaburi ragi, terjadi proses fermentasi.
Kedelai yang merupakan bahan dasar pembuatan tempe, dalam 100 gram mengandung 446 kalori dan 20 gram lemak. Sementara 100 gram tempe mengandung 193 kalori dan 11 gram lemak.Terjadinya perubahannilai gizi ini karena adanya penambahan berat air dan jamur yang tumbuh sehingga tidak sepadat saat masih berbentuk biji kedelai.

Mengapa kadar protein tempe lebih besar dibandingkan kedelai?

Dalam proses fermentasi tempe ini digunakan mikroorganisme berupa kapang yaitu Rhizopus oligosporus. Dalam proses fermentasi tersebut, Rhizopus menghasilkan enzim, enzim inilah yang dapat meningkatkan protein sehingga tempe memiliki protein yang lebih tinggi daripada kacang kedelai.

Bagaimana perubahan kandungan gizi pada kedelai setelah menjadi tempe?

Sedangkan jika sudah diolah menjadi tempe, kandungannya akan berubah menjadi 193 Kkal dan 11 gr lemak. ‘Terjadinya perubahan nilai gizi ini karena adanya penambahan berat air dan jamur yang tumbuh sehingga tidak sepadat saat masih berbentuk biji kedelai,’ tutur Jansen Ongko, Msc, RD, ahli gizi sekaligus konsultan gizi.

You might be interested:  Often asked: Mengapa Di Hotel Tidak Ada Lantai 13?

Mengapa tempe mempunyai manfaat kesehatan lebih tinggi dibandingkan kacang kedelai?

Dibandingkan kedelai, mengkonsumsi tempe juga memiliki kelebihan. Secara kimiawi, tempe mengandung protein lebih tinggi, nitrogen terlarut meningkat, asam lemak bebas meningkat dan nilai cerna juga meningkat. Tempe lebih mudah dicerna karena kerja enzim pencernaan yang dihasilkan kapang tempe.

Apa perbedaan kacang kedelai dengan kacang kedelai yang telah menjadi tempe?

kacang yang telah menjadi tempe adalah kacang kedelai yang sudah di fermentasi, sedangkan kacang kedelai adalah kacang yang belum sempat melakukan proses fermentasi.

Apakah tempe kandungan proteinnya tinggi?

Kandungan protein yang lebih tinggi membuat tempe sering dijadikan sumber protein pengganti daging. Setiap 100 gram tempe mengandung kurang lebih 20 gram proten yang dapat memenuhi kebutuhan protein harian mencapai 34% bagi orang dewasa.

Apakah tempe mengandung protein tinggi?

Sebanyak 3 ons tempe mengandung 140 kalori, 16 gram protein, 10 gram karbohidrat, 7 gram serat, 5 gram lemak, kalsium, zat besi, kalium, dan sodium.

Mengapa perubahan pada kedelai tersebut dapat terjadi?

Penyebab kacang kedelai dapat berubah menjadi tempe yaitu karena proses peragian oleh jamur Rhizopus Oryzae. Jamur tersebut akan tumbuh ketika proses fermentasi. Jamur akan tumbuh pada permukaan dan menembus biji-biji kedelai, menyatukannya menjadi tempe.

Mengapa gizi yang terkandung dalam tempe lebih tinggi daripada masih dalam bentuk kedelai?

Jawaban. Karena protein di dalam tempe sudah mengalami proses fermentasi oleh bakteri rhizobium. Hal ini membuat protein yang terdapat di dalam tempe lebih mudah diserap oleh tubuh ketika dimakan Karena sudah diurai terlebih dahulu oleh rhizobium.

Mengapa tempe lebih mudah dicerna daripada kedelai?

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat gizi tempe lebih mudah dicerna, diserap, dan dimanfaatkan tubuh. Hal ini dikarenakan kapang yang tumbuh pada kedelai menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia (Kasmidjo, 1990).

You might be interested:  Kapan Anak Mengalami Masa Pubertas?

Apa alasannya tempe dikatakan bernilai gizi tinggi?

Namun, secara kualitatif nilai gizi tempe lebih tinggi karena tempe mempunyai nilai cerna yang lebih baik. Hal ini disebabkan kadar protein yang larut dalam air akan meningkat akibat aktivitas enzim Proteolitik.

Apa kelebihan tempe dibandingkan dengan kedelai berkaitan dengan peran jamur yang di gunakan?

Melalui proses fermentasi, tempe memiliki keunggulan dibandingkan kacang kedelai yaitu lebih bergizi karena struktur kedelai telah diubah molekul strukturnya oleh jamur sehingga banyak mengandung protein dan harga lebih murah dari pada kacang kedelai, berserat tinggi, dan sebagai sumber antioksidan karena mengandung

Zat apakah yang terkandung dalam tempe dan apa fungsinya bagi tubuh manusia?

Selain kaya akan protein dan vitamin B12, ternyata tempe juga kaya akan kalsium dan vitamin K. Kedua kandungan ini sangat diperlukan tubuh untuk proses pembentuk tulang. Proses fermentasi tempe juga meningkatkan jumlah vitamin K dan mineral lainnya dalam kedelai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *