Apa Itu Pph 22?

Berapa tarif PPh 22?

Tarif PPh Pasal 22 Atas pembelian barang yang dilakukan oleh DJPb, Bendahara Pemerintah, BUMN/BUMD (Lihat Pemungut dan Objek PPh Pasal 22 butir 2,3, dan 4) sebesar 1,5% (satu setengah persen) dari harga pembelian tidak termasuk PPN dan tidak final.

Apa saja yang termasuk PPh 22?

Sebagaimana ditetapkan lewat Keputusan Direktur Jenderal Pajak, barang yang kena Pajak PPh Pasal 22 meliputi: semen (tarif 0,25% x DPP PPN), kertas (tarif 0,1% x DPP PPN), produk baja (0,3% x DPP PPN), dan produk otomotif (0,45% x DPP PPN). Semua tarif tersebut bersifat tidak final.

PPh pasal 22 untuk apa saja?

Pajak Penghasilan PPh Pasal 22 adalah pajak yang dibebankan kepada badan usaha, baik milik Pemerintah (BUMN) maupun swasta, yang melakukan kegiatan perdagangan ekspor, impor, ataupun re-impor. Tarif untuk pajak jenis ini sangat bervariasi dan bergantung dari pemungut serta objek dan jenis transaksinya.

Definisi PPh 22 merupakan pajak yang dipungut berdasarkan transaksi apa saja?

PAJAK penghasilan ( PPh ) Pasal 22 adalah pajak yang dipungut oleh bendaharawan pemerintah baik pusat maupun daerah sehubungan dengan pembayaran atas penyerahan barang dan badan-badan tertentu untuk memungut pajak dari wajib pajak yang melakukan kegiatan di bidang impor atau kegiatan usaha di bidang lain.

You might be interested:  Pertanyaan: Apa Penyebab Penyakit Herpes?

Berapakah PPh pasal 22 yang dipungut?

Tarif PPh Pasal 22 sebesar 0,45% atas Penjualan Kendaraan Bermotor. Tarif pajak penghasilan pasal 22 sebesar 0,45% dari DPP PPN ini berlaku atas penjualan kendaraan bermotor di dalam negeri oleh ATPM, APM, dan importir umum kendaraan bermotor, tidak termasuk alat berat.

Berapa tarif PPh pasal 23?

Tarif dari pajak penghasilan ( PPh Pasal 23 ) dikenakan atas Dasar Pengenaan Pajak (DPP) atau jumlah bruto dari penghasilan. Di dalam PPh Pasal 23, terdapat dua jenis tarif yang diberlakukan, yaitu 15% dan 2% tergantung dari objek pajaknya.

Kegiatan apa saja yang tidak dikenakan PPh pasal 22?

Barang-barang yang dikecualikan dari pemungutan PPh Pasal 22 di antaranya: Impor barang dan/atau penyerahan barang berdasarkan ketentuan UU Tidak terutang PPh.

Apakah yang dimaksud dengan PPh pasal 22 Sebutkan jenis kegiatan yang termasuk pemungutan PPh pasal 22?

PPh Pasal 22 atau Pajak Penghasilan Pasal 22 dikenakan kepada badan-badan usaha tertentu, baik milik pemerintah maupun swasta yang melakukan kegiatan perdagangan ekspor, impor dan re-impor. Melalui penerbitan Peraturan Menteri Keuangan RI No. 92/PMK.

Sebutkan siapa saja yang termasuk pemungut dan objek PPh pasal 22?

Objek PPh Pasal 22 sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 34/PMK.010/2017 adalah: Impor barang dan ekspor barang komoditas tambang batubara, mineral logam, dan mineral bukan logam yang dilakukan oleh eksportir.

PPh pasal 22 dan 23 apa bedanya?

PPh Pasal 22 dikenakan kepada badan-badan usaha tertentu, baik milik pemerintah maupun swasta yang melakukan kegiatan perdagangan ekspor, impor dan re-impor. Sedangkan pihak penerima penghasilan yang dipotong PPh 23 adalah Wajib Pajak dalam negeri dan Bentuk Usaha Tetap (BUT).

You might be interested:  Jawaban Cepat: Analtram Obat Untuk Sakit Apa?

Apakah PPh pasal 22 harus dilaporkan?

03/2010 maka wajib memungut PPh pasal 22 dan melaporkannya di SPT PPh Pasal 22. PPh Pasal 22 dapat dikreditkan untuk mengurangi PPh Badan terutang Perusahaan sepanjang dokumennya ada. dokumen pembuktian pembayaran PPh Pasal 22 terdapat di SSPCP dan PIB.

Kapan saat pemotongan PPh pasal 22?

PPh Pasal 22 atas impor terutang dan dilunasi bersamaan dengan saat pembayaran Bea Masuk. Dalam hal pembayaran Bea Masuk ditunda atau dibebaskan, maka PPh Pasal 22 terutang dan dilunasi pada saat penyelesaian dokumen Pemberitahuan Impor Untuk Dipakai (PIUD).

Apakah PPh Pasal 22 bersifat final?

Semua Pemungutan PPh Pasal 22 bersifat tidak final dan dapat diperhitungkan sebagai pembayaran PPh dalam tahun berjalan bagi Wajib Pajak yang dipungut, kecuali atas penjualan bahan bakar minyak, bahan bakar gas, dan pelumas oleh Produsen atau importir bahan bakar minyak, bahan bakar gas, dan pelumas kepada penyalur/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *