Apa Itu Tes Potensi Skolastik?

Apa itu potensi skolastik?

Tes Potensi Skolastik (TPS) adalah sebuah tes yang bertujuan untuk menguji kemampuan dasar peserta UTBK dalam logika, analisis, dan lainnya yang meliputi: Penalaran Umum. Pemahaman Bacaan dan Menulis. Pengetahuan dan Pemahaman Umum.

Materi UTBK TPS apa saja?

Materi TPS / Tes Potensi Skolastik

  1. 1 Penalaran Umum. Materi TPS UTBK ini mengukur kemampuan penalaran dan kecakapan kita dalam memilih dan menggunakan informasi yang relevan untuk memecahkan masalah secara logis (masuk akal).
  2. Pengetahuan Kuantitatif.
  3. 3 Pengetahuan dan Pemahaman Umum.
  4. 4 Memahami Bacaan dan Menulis.

Apakah TPA dan TPS sama?

Tes potensi akademik atau TPA berfungsi untuk melihat bagaimana kemampuan akademik atau intelektual calon mahasiswa, sementara fungsi dari tes potensi skolastik atau TPS merupakan untuk menguji dan mencari tahu kemampuan kognitif dari calon mahasiswa tersebut.

Soal TPS meliputi apa saja?

Soal yang muncul pada TPS UTBK 2019 mencakup empat jenis, yakni:

  1. Penalaran umum. Pada penalaran umum, disajikan sebuah data berupa teks.
  2. Pemahaman bacaan dan menulis.
  3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum.
  4. Pengetahuan Kuantitatif.

Apa perbedaan TPS dan TKA?

TPS akan menguji kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. TKA adalah tes yang mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah. Diperlukan untuk seseorang dapat berhasil menempuh pendidikan tinggi.

You might be interested:  Tanya pembaca: Janin 10 Minggu Sudah Bisa Apa?

Apakah UTBK 2021 2022 hanya TPS?

Ya, perbedaan yang mencolok adalah terkait materi yang akan diujiankan dalam UTBK. Berbeda dari tahun sebelumnya yang mengujikan Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Potensi Skolastik ( TPS ), UTBK tahun 2021/2022 ini hanya mengujikan TPS saja.

UTBK 2021 Apa Saja?

Materi UTBK -SBMPTN 2021 Jika di tahun 2020 materi yang diujikan hanya Tes Potensi Skolastik (TPS), di tahun 2021 materi yang diujikan berupa Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Apakah UTBK 2021 ada tpa?

Tidak hanya TPS Namun, pada UTBK 2021, LTMPT memutuskan kembali menyertakan Tes Kompetensi Akademik (TKA). “Kalau 2020 karena ada Covid-19 kita hanya TPS saja, tetapi pada 2021 materi yang diteskan TPS maupun TKA.

Apa itu tes tpa sbmptn?

TPA (Tes Potensi Akademik) merupakan salah satu bentuk soal yang terdapat dalam UTBK- SBMPTN 2020. Nah, untuk menguji seberapa mampu kamu dalam mengerjakan soal ini saat UTBK- SBMPTN 2020, yuk coba simulasi dengan kuis berikut. Bunyi alarm berhubungan dengan bahaya, sebagaimana asap berhubungan dengan api.

Soal TPS Soshum dan Saintek apakah sama?

Tak ada yang beda pada Tes Potensi Skolastik ( TPS ) pada ketiga rumpun Saintek, Soshum, maupun Campuran. Namun bila memilih kelompok ujian Campuran, Sobat harus menjalani TKA dua kali. TKA pertama adalah ujian Saintek, sedangkan TKA kedua adalah ujian Soshum.

Apa itu TKA dan TPS dalam sbmptn?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ada dua materi ujian pada UTBK SBMPTN 2021, yaitu TPS dan TKA. Materi ujian TPS bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif peserta. Sementara materi TKA bertujuan untuk mengukur kemampuan yang lebih khusus di bidang akademik.

You might be interested:  Apa Kegunaan Minyak Zaitun?

Apa itu TPS sbmptn 2020?

Para peserta UTBK SBMPTN 2020 akan diukur kemampuan kognitif, logika atau nalar dan pemahaman umum melalui Tes Potensi Skolastik ( TPS ). Materi TPS UTBK menghadirkan beberapa tipe soal yaitu penalaran umum, pemahaman bacaan, pengetahuan umum, dan pengetahuan kuantitatif.

Berapa soal TPS UTBK 2021?

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

Komponen Jumlah Soal Alokasi waktu (menit)
Penalaran umum 2 bacaan diikuti 14 soal dan 6 soal penalaran kuantitatif 35
Pemahaman bacaan dan menulis 3 bacaan diikuti oleh 20 soal 25
Pengetahuan dan pemahaman umum 3 bacaan Indonesia dengan 12 soal, dan 2 bacaan Bahasa Inggris dengan 8 soal 25

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *