FAQ: Apa Itu Bea Cukai?

Apakah yg dimaksud bea cukai?

Bea adalah pungutan yang dikenakan pemerintah kepada barang-barang yang diekspor maupun diimpor. Sementara, cukai merupakan pungutan yang dilakukan pemerintah kepada barang-barang dengan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh Undang-Undang. Lembaga yang mengatur bea cukai disebut kepabeanan.

Apa tugas dan fungsi Bea Cukai?

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengawasan, penegakan hukum, pelayanan dan optimalisasi penerimaan negara di bidang kepabeanan dan cukai sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Berapa gaji kerja di bea cukai?

Gaji Pegawai Bea Cukai Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 Tahun 2015, standar gaji bea cukai tercatat seperti berikut. Administrasi dan Pelayanan Pelanggan: Rp3,250,000. Pelayanan Profesional: Rp4,000,000. Staf Legal: Rp4,000,000.

Bagaimana cara menghubungi bea cukai?

Jika Anda mengalami masalah dalam menggunakan sistem ini, silahkan sampaikan ke alamat Service Desk dan Call Center CEISA di:

  1. Alamat. Gedung Kalimantan Lantai Dasar Jl.
  2. Telepon. 1500225 (08.00 s.d. 16.00 WIB)
  3. IP Phone. 2020.
  4. Email. [email protected]
  5. Ymail. [email protected]
  6. Gmail. [email protected]
You might be interested:  FAQ: Apa Itu Gelar Ma?

Bea dan Cukai termasuk pajak apa?

Perbedaan Pajak dengan Bea Cukai Pajak merupakan pungutan wajib yang sifatnya memaksa, tanpa adanya balas jasa secara langsung. Sementara bea dan cukai merupakan pungutan resmi yang sifatnya sesuai kebijakan.

Apa perbedaan Bea dan Cukai?

Bea masuk merupakan pungutan yang dikenakan pada barang-barang impor, sedangkan bea keluar adalah pungutan yang dibebankan pada barang-barang ekspor. Cukai juga merupakan pungutan resmi yang dibebankan oleh negara pada barang-barang yang memiliki karakteristik khusus sesuai ketentuan undang-undang cukai.

Barang apa saja yang kena cukai?

Barang Kena Cukai (BKC) terdiri dari: Etil Alkohol atau Etanol; Minuman Mengandung Etil Alkohol; dan. Hasil Tembakau (HT)

  • jenis hasil tembakau;
  • golongan perusahaan; dan.
  • batasan Harga Jual Eceran (HJE) per batang atau gram.

Apakah kerja di bea cukai harus lulusan STAN?

SPMB PKN STAN Jurusan Bea dan Cukai Selepas menempuh pendidikan dan Lulus dari PKN STAN. Kamu dapat diangkat menjadi pegawai negeri sipil di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC).

Bea Cukai bergerak dibidang apa?

Berikut Penjelasan Lengkapnya. Istilah Bea Cukai bukanlah tidak asing lagi untuk kita dengar, yaitu merupakan suatu lembaga yang berurusan dalam ekspor dan impor. Sebagai instansi yang mengawasi lalu lintas dan pemungutan Bea masuk dan Bea keluar.

Berapa Gaji PNS lulusan STAN?

Berdasarkan PP Nomor 15 Tahun 2019, gaji pokok PNS untuk golongan IIc masa kerja tahun pertama yakni sebesar Rp 2.301.800 per bulan. Lalu untuk golongan IIa gaji pokoknya sebesar 2.022.200 per bulan.

Berapa gaji pegawai imigrasi?

Golongan IIa: Rp 2.022.200 – Rp 3.373.600. Golongan IIb: Rp 2.208.400 – Rp 3.516.300. Golongan IIc: Rp 2.301.800 – Rp 3.665.000. Golongan IId: Rp 2.399.200 – Rp 3.820.000.

You might be interested:  Tanya pembaca: Apa Itu Huruf Cetak?

Berapa gaji pegawai pajak lulusan STAN?

Daftar Gaji Lulusan STAN

No. Jabatan Gaji /Bulan
15. Pemeriksa Pajak Pertama Rp. 17.268.600
16. Pemeriksa Pajak Pelaksana Lanjutan Rp. 15.417.938
17. Pemeriksa Pajak Pelaksana Rp. 13.320.563
18. Penilai PBB Madya Rp. 28.914.875

Berapa lama barang keluar dari Bea Cukai?

Kalau diproses, rata rata ga lebih dari 3 hari kerja. Bahkan kalau barangnya jelas dan dokumennya lengkap cuma hitungan jam diperiksa oleh Bea Cukai.

Barang apa saja yang kena bea cukai di bandara?

5 Barang Bawaan yang Bisa Kena Bea Cukai di Bandara, Apa Saja?

  1. Cerutu, tembakau, rokok dan alkohol. Barang – barang yang sudah disebutkan di atas memang dibatasi jumlahnya saat melewati pabean.
  2. Barang yang kemasannya utuh dan masih baru. Pada umumnya, petugas tak akan melakukan pengecekan pada barang pribadi yang tak dilaporkan pada Custom Declaration.

Apakah daftar IMEI bayar?

Pendaftaran IMEI tidak dipungut biaya. Apabila lupa mendaftarkan IMEI saat kedatangan, pendaftaran dapat dilakukan melalui kantor Bea Cukai terdekat maksimal 60 hari sejak tanggal kedatangan dengan membawa paspor, boarding pass/tiket dan perangkat yang ingin didaftarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *