FAQ: Apa Itu Bpjs Ketenagakerjaan?

Apa itu BPJS Ketenagakerjaan dan fungsinya?

Sebagai jaminan kecelakaan kerja (JKK) Fungsi dari BPJS Ketenagakerjaan yang pertama adalah menjamin karyawan yang terdaftar program ini mendapatkan pelayanan kesehatan dan santunan uang tunai jika menderita penyakit akibat kerja atau mengalami kecelakaan kerja.

Berapa besar iuran BPJS Ketenagakerjaan?

Nah, besar iuran dari JHT adalah 5,7% dari upah. Perhitungan BPJS Ketenagakerjaan untuk program JHT dibagi antara perusahaan dan pekerja. Pekerja membayar 2%, sedangkan perusahaan membayar 3,7%.

BPJS Ketenagakerjaan itu untuk apa?

BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan hukum publik yang bertanggungjawab kepada Presiden dimana BPJS Ketenagakerjaan memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja Indonesia baik sektor formal maupun informal dan orang asing yang bekerja di Indonesia sekurang-kurangnya 6 bulan.

Apa perbedaan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan?

Tugas dari BPJS Ketenagakerjaan adalah memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja Indonesia, baik mereka yang bekerja secara informal maupun yang nonformal. Sementara itu, tugas dari BPJS Kesehatan adalah memberikan perlindungan kesehatan secara mendasar bagi seluruh rakyat Indonesia, tanpa terkecuali.

Berapa santunan kematian BPJS Ketenagakerjaan?

Pengusaha wajib menanggung iuran Program Jaminan Kematian sebesar 0,3% dengan jaminan kematian yang diberikan adalah Rp. 12.000.000 terdiri dari Rp. 10.000.000 santunan kematian dan Rp. 2.000.000 biaya pemakaman dan santunan berkala.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Autoimun Adalah Penyakit Apa?

BPJS Ketenagakerjaan bisa di pakai buat apa aja ya?

Keempat program jaminan BPJS Ketenagakerjaan meliputi perlindungan JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), JK (Jaminan Kematian), JHT (Jaminan Hari Tua), dan JP (Jaminan Pensiun) sesuai dengan UU No. 24 tahun 2011. Dari berbagai program yang ditawarkan, Anda bisa mendaftar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Siapa yg bayar BPJS Ketenagakerjaan?

Iuran BPJS Ketenagakerjaan merupakan biaya yang harus dibayarkan oleh perusahaan/pemberi kerja dan karyawan yang menjadi peserta. Sebagai gantinya, peserta akan memperoleh manfaat berupa perlindungan atas sejumlah risiko seperti kecelakaan kerja, PHK, kematian maupun pensiun.

Berapa iuran JKK dan JKM?

Keringanan iuran program Jaminan Kecelakaan Kerja ( JKK ) dan Jaminan Kematian ( JKM ) sebesar 99% Dengan kata lain, perusahaan atau pemberi kerja hanya perlu membayar iuran BPJS pekerjanya sebesar 1% selama periode relaksasi. Diskon 99% tersebut diberikan kepada pemberi kerja dan peserta Bukan Penerima Upah (BPU)

BPJS Ketenagakerjaan ditanggung siapa?

Iuran BPJS Ketenagakerjaan ini seluruhnya ditanggung oleh perusahaan dan jumlahnya diambil dari total upah karyawan setiap bulannya.

Berapa lama BPJS bisa di cairkan?

Untuk mencairkan JHT BPJS Ketenagakerjaan dipersyaratkan melakukan antrean secara online. Bisnis.com, JAKARTA – Mencairkan dana Jaminan Hari Tua Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (JHT BPJS ) Ketenagakerjaan dapat dilakukan 1 bulan setelah tidak bekerja atau memasuki pensiun.

Kapan BPJS Ketenagakerjaan bisa digunakan?

BPJS Ketenagakerjaan untuk berobat bisa dilakukan jika pasien terus-terusan sakit dengan penyakit yang sama. Rumah sakit akan berusaha mencari tahu apa penyakit tersebut berhubungan dengan pekerjaan atau tidak.

Apakah BPJS dan KIS itu sama?

Perbedaan BPJS dan KIS KIS merupakan program jaminan kesehatan untuk warga kurang mampu sedangkan BPJS merupakan badan pengelolanya. KIS terbatas hanya untuk rakyat miskin dan kurang mampu sedangkan kartu jaminan kesehatan yang dikelola BPJS wajib dimiliki warga negara Indonesia baik mampu atau kurang mampu.

You might be interested:  FAQ: Apa Yang Dimaksud Dengan Pariwisata?

Apa bedanya asuransi dan BPJS?

Asuransi swasta memiliki keunggulan dengan prosedur claim yang lebih cepat dan mengutamakan kenyamanan nasabah sedangkan BPJS lebih panjang prosedurnya untuk proses claim, contohnya harus melewati fasilitas kesehatan tingkat pertama (puskesmas / klinik dokter umum) sebelum mendapat perawatan dari dokter spesialis atau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *