FAQ: Apa Itu Data Sekunder?

Apa itu data sekunder dan contohnya?

Data sekunder adalah data yang diperoleh tanpa melalui penelitian pertama, hanya berasal dari sebuah ilmu pengetahuan atau penelitian yang mengikuti tata cara yang ada. Contoh Data Sekunder: Menurut data UNESCO pada 2015. Indonesia hanya mencapai 10% jumlah pengusaha dari keseluruhan penduduk.

Data sekunder meliputi apa saja?

Pengertian Data sekunder adalah sumber data penelitian yang diperoleh melalui media perantara atau secara tidak langsung yang berupa buku, catatan, bukti yang telah ada, atau arsip baik yang dipublikasikan maupun yang tidak dipublikasikan secara umum.

Apa yang dimaksud dengan data sekunder brainly?

Jawaban terverifikasi ahli Data primer merupakan sumber data yang diperoleh langsung dari sumber asli (tidak melalui media perantara). Data sekunder merupakan sumber data penelitian yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara (diperoleh dan dicatat oleh pihak lain).

Jelaskan apa yang dimaksud dengan data primer dan data sekunder?

Menurut Sugiyono: data primer merupakan sumber data dalam pemberian informasi dilakukan secara langsung pada pengumpul penelitian. Data sekunder yaitu data yang digunakan hanya sebagai pendukung dari data primer.

Apa yang dimaksud dengan data primer dan data sekunder beserta contohnya?

Data primer merupakan data yang diambil langsung tanpa perantara. Contoh, wawancara, observasi dan lain-lain. Data sekunder meruapakn data yang diambil dengan perantara. Contoh mencari informasi lewat buku, mencari informasi melalui arsip, dan lain-lain.

You might be interested:  Apa Yang Dimaksud Keterangan?

Jelaskan apa yang dimaksud data primer dan data sekunder dalam penelitian?

(Moehar, 2002:131) Oleh karena itu data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh secara lansung melalui wawancara terhadap para informan. Sedangkan data sekunder adalah dokumen-dokumen perusahaan yang bisa dipublikasikan.

Apakah yg dimaksud dengan data primer?

Sesuai dengan istilahnya, data primer adalah data utama atau data pokok yang digunakan dalam penelitian. Data pokok dapat dideskripsikan sebagai jenis data yang diperoleh langsung dari pihak pertama subjek penelitian atau responden atau informan. Pengecualian pada riset atau penelitian kuantitatif.

Apa yang dimaksud dengan data primer beserta contoh?

Pengertian Data primer adalah data yang didapat dan dikumpulkan langsung dari objek yang diteliti oleh orang atau organisasi yang melakukan penelitian. Contoh: Data hasil kuisioner terhadap responden. Data hasil wawancara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *