FAQ: Apa Itu Negara Maritim?

Apakah yang dimaksud Maritim?

KOMPAS.com – Negara maritim adalah negara yang berada dalam kawasan laut yang luas. Selain itu, negara maritim biasanya negara yang memiliki banyak pulau. Selain itu, dengan aanya kepastian batas wilayah laut dapat terpelihara kedaulatan suatu negara dan penegakkan hukum di wilayah perairan.

Apa yang dimaksud dengan Indonesia sebagai negara maritim?

Negara Seribu Pulau ini juga menempati urutan ke-15 dalam daftar negara terbesar di dunia. Selain memiliki wilayah yang luas, Indonesia juga dijuluki sebagai negara maritim. Ini karena sebagian besar wilayah Indonesia terdiri dari perairan.

Negara mana sajakah yang dapat disebut sebagai negara maritim?

Negara maritim adalah negara yang sebagian besar wilayahnya merupakan perairan yang merupakan luas daratannya yaitu lebih kecil daripada luas lautnya, bahkan Indonesia termasuk negara dengan laut terluas di dunia. Maka tak heran jika indonesia disebut negara maritim karena memang di indonesia terpampang luas lautanya.

Apa itu negara maritim brainly?

Negara maritim adalah negara yang mempunyai wilayah kekuasaan laut yang luas serta tersimpan berbagai kekayaan sumber daya alam di wilayah tersebut.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Apa Itu Tps Utbk?

Apa kata lain dari Maritim?

Menurut Tesaurus Bahasa Indonesia, sinonim maritim adalah nautikal, kelautan, bahari, marine.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara agraris dan negara maritim?

Tak hanya sebagai negara maritim, Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduk Indonesia memiliki mata pencaharian sebagai petani atau bercocok tanam. Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki banyak sumber daya alam, baik di darat maupun perairan.

Apa yang dimaksud dengan Indonesia sebagai poros maritim dunia?

Jawaban: indonesia dikatakan sebagai poros maritim dunia karena lokasinya yang strategis sebagai negara kepulauan yang terletak di antara dua benua, Asia dan Australia, dan dua samudera, Pasifik dan Hindia.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara kepulauan dan negara maritim?

Yang menjadikan negara Indonesia disebut sebagai negara kepulauan sekaligus negara maritim adalah karena Indonesia memiliki banyak pulau dan jumlah wilayah peraian atau lautnya lebih luas dibanding daratannya.

Apa bukti bahwa Indonesia negara maritim?

Jawaban: 3 bukti yang menunjukkan indonesia negara maritim antara lain: Memiliki Wilayah Laut yang Luas. Memiliki Sumber Daya Alam Laut yang melimpah seperti ikan, terumbu karang, koral laut, dan lain-lain.

Apa yang dimaksud dengan negara agraris dan maritim?

Istilah negara maritim dan negara agraris adalah menunjuk pada dua hal yang berbeda. Pengertian negara maritim adalah negara yang wilayah teritorialnya sebagian besar berupa lautan/perairan. Adapun pengertian dari negara agraris adalah negara yang profesi penduduknya mayoritas di bidang agraris atau pertanian.

Indonesia di juluki negara apa?

Indonesia dijuluki Zamrud Khatulistiwa. Alasan Indonesia disebut Negara Zamrud Khatulistiwa karena Indonesia memiliki kekayaan berlimpah ibarat batu zamrud. Indonesia juga terletak di bawah garis ekuator atau khatulistiwa.

You might be interested:  FAQ: Apa Itu Stake Holder?

Apa yang dimaksud dengan negara agraris brainly?

Yang dimaksud dengan NEGARA AGRARIS adalah negara yang sebagian besar penduduknya bekerja pada sektor pertanian.

Apa saja yang dapat dimanfaatkan suatu negara maritim?

Apa saja potensi yang dimiliki bangsa indonesia sebagai negara maritim

  • Indonesia memiliki banyak terumbu karang yg indah dan langka yg ada di laut yg dalam.
  • Indonesia kaya akan ikan yg bermanfaat dan sehat.
  • Indonesia memiliki byk rumput laut yg bermanfaat.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan negara kepulauan?

Negara kepulauan merupakan suatu wilayah negara yang memiliki banyak pulau dan keberagam suku, adat istiadat, dan kebudayan yang berada dalam satu wijayah yaitu negara itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *