FAQ: Apa Itu Ruu Cipta Kerja?

Apa yang dimaksud dengan RUU Cipta kerja?

Secara substansi, RUU Cipta Kerja adalah paket Omnibus Law yang dampaknya paling berpengaruh pada masyarakat luas, terutama jutaan pekerja di Indonesia. Hal ini yang membuat banyak serikat buruh mati-matian menolak RUU Cipta Kerja.

Mengapa RUU Cipta kerja dibuat?

“Jadi UU Cipta Kerja bertujuan untuk menyediakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya nya bagi para pencari kerja dan pengangguran. Pemerintah berkeyakinan melalui UU Cipta Kerja, jutaan pekerja dapat memperbaiki kehidupannya dan juga penghidupan bagi keluarga mereka,” ucap Jokowi.

Apa sih omnibus Law Cipta kerja?

Dengan kata lain, omnibus law artinya metode atau konsep pembuatan regulasi yang menggabungkan beberapa aturan yang substansi pengaturannya berbeda, menjadi satu peraturan dalam satu payung hukum. RUU Cipta Kerja hanya salah satu bagian dari omnibus law.

Apa isi omnibus Law?

Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja berisi 11 klaster yang menggabungkan 79 undang-undang yang di dalamnya menyangkut aturan tentang ketenagakerjaan, penyederhaan perizinan, persyaratan investasi, hingga administrasi pemerintahan. Penilaian ini ditolak para pejabat pemerintah.

Apa tujuan omnibus Law?

Dia menyampaikan, UU Omnibus Law bertujuan menciptakan iklim berusaha dan investasi yang berkualitas. “Beberapa minggu yang lalu Indonesia telah mengesahkan UU Omnibus Law Cipta Kerja. Pertama kali dilakukan penyederhanaan regulasi secara besar-besaran dari 79 UU menjadi 1 UU.

Omnibus law berlaku untuk siapa saja?

Baca juga: Mengenal Apa Itu Omnibus Law RUU Cipta Kerja dan Isi Lengkapnya

  • Perusahaan bangkrut.
  • Perusahaan tutup karena merugi.
  • Perubahan status perusahaan.
  • Pekerja/buruh melanggar perjanjian kerja.
  • Pekerja/buruh melakukan kesalahan berat.
  • Pekerja/buruh memasuki usia pensiun.
  • Pekerja/buruh mengundurkan diri.
You might be interested:  Bahasa Jawa Apa Kabar?

Kenapa omnibus Law ditolak buruh?

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan buruh menolak Omnibus Law Cipta Kerja karena tidak adanya jaminan atas tiga hal pokok yakni jaminan pekerjaan (job security), jaminan pendapatan (income security), dan jaminan sosial.

Apakah omnibus Law merugikan buruh?

Namun demikian, Tri Sasono selaku koordinator Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu, Gabungan Serikat Pekerja Pelabuhan Indonesia, Federasi Serikat Pekerja Perkebunan Indonesia, Koalisi Nasional Serikat Pekerja Indonesia, dan Federasi Serikat Pekerja Mandiri menyatakan, tidak ada satupun pasal dalam Omnibus Law UU

Omnibus Law menguntungkan siapa?

“Menurut saya UU Omnibus Law Cipta Kerja ini akan menguntungkan kedua belah pihak, baik kalangan pengusaha maupun kalangan pekerja,” ucap Aelyn Halim dalam keterangan tertulisnya, Selasa (20/10/2020). Dengan adanya UU Omnibus Law Cipta Kerja maka pengurusan perizinan akan lebih mudah dan lewat satu pintu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *