FAQ: Apa Itu Ruu Pks?

RUU PKS singkatan dari apa?

Pengertian hak korban dijelaskan dalam pasal 1 RUU Penghapusan Kekerasan Seksual ( PKS ) yaitu hak atas penanganan, perlindungan, dan pemulihan yang didapatkan, digunakan dan dinikmati oleh korban, dengan tujuan mengubah kondisi korban yang lebih baik, bermartabat dan sejahtera, yang berpusat pada kebutuhan dan

Kenapa RUU PKS harus disahkan?

Mengapa pengesahan RUU PKS dianggap penting? RUU PKS merupakan kebijakan yang dinilai banyak pihak dapat mencegah atau mengurangi kekerasan seksual karena dalam substansi kebijakan sudah mencakup aspek pidana, aspek pemulihan dan upaya penghapusan kekerasan seksual.

Kapan RUU PKS diajukan?

Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS atau RUU P-KS) adalah rancangan undang-undang di Indonesia mengenai kekerasan seksual. RUU ini diusulkan pada tanggal 26 Januari 2016.

Apa saja hak dari korban kekerasan?

Ini rincian hak – hak korban KDRT:

  • Mendapat perlindungan dari keluarga, kepolisian, kejaksaan, pengadilan, advokat, lembaga sosial, atau pihak lain berdasarkan penetapan pengadilan.
  • Mendapatkan pelayanan kesehatan.
  • Penanganan secara khusus.
  • Pendampingan dari pekerja sosial dan bantuan hukum.
  • Pelayanan bimbingan rohani.

Mengapa PKS perlu dibentuk?

Sejak awal dibuat, RUU PKS bertujuan untuk melindungi hak-hak korban yang selama ini tidak dipedulikan. Dan menurut Mariana Amiruddin, Komisioner-Ketua Subkom Divisi Partisipasi Masyarakat Komnas Perempuan, RUU ini bisa menegakkan keadilan dan memberikan proses hukum bagi kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan.

Bagaimana perlindungan korban dalam kekerasan rumah tangga?

Perlindungan menurut Undang-Undang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga adalah segala upaya yang ditujukan untuk memberikan rasa aman kepada korban yang dilakukan oleh pihak keluarga, advokat, lembaga sosial, kepolisian, kejaksaan, pengadilan atau pihak lainnya baik sementara maupun berdasarkan penetapan pengadilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *