FAQ: Apa Itu Uu Ite?

Apa Fungsi UU ITE?

Di dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik ( UU ITE ) yang merupakan bentuk formal dari sebuah sistem dengan tujuan memberikan rasa aman, keadilan, dan kepastian hukum bagi pengguna dan penyelenggara Teknologi Informasi.

Apa saja isi undang-undang ITE?

Dalam UU No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No. 11 Tahun 2008 tentang ITE Pasal 27 ayat (3) menyebutkan bahwa setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan

Apa saja yang dilarang dalam undang-undang ITE?

Perbuatan Yang Dilarang (Pasal 32 ayat 1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum dengan cara apa pun mengubah, menambah, mengurangi, melakukan transmisi, merusak, menghilangkan, memindahkan, menyembunyikan suatu Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik milik Orang lain atau milik publik.

Sebutkan jangkauan UU ITE berlaku untuk siapa saja undang-undang ini dibuat?

Undang – Undang ( UU ITE ) ini berlaku untuk setiap Orang yang melakukan perbuatan hukum sebagaimana diatur dalam Undang – Undang ini, baik yang berada di wilayah hukum Indonesia maupun di luar wilayah hukum Indonesia, yang memiliki akibat hukum di wilayah hukum Indonesia dan/atau di luar wilayah hukum Indonesia dan

You might be interested:  FAQ: Apa Itu Paket Omg?

Kenapa UU ITE sangat penting?

Menurut Damar, UU ITE penting untuk direvisi karena tidak hanya membawa dampak hukum saja, namun juga memberi dampak politik dan sosial di masyarakat.

Apa tujuan dari pembentukan UU ITE Sebutkan dan jelaskan?

Adapun tujuan UU ITE antara lain untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan perdagangan dan perekonomian nasional, meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan publik serta memberi rasa aman, keadilan dan kepastian hukum bagi pengguna teknologi informasi. Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan: 1.

Apa isi dari UU ITE pasal 27 ayat 1 dan 3?

Pasal 27 ayat ( 3 ) UU ITE adalah Konstitusional. ( 1 ) Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat ( 1 ), ayat (2), ayat ( 3 ), atau ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Apa isi dari UU ITE pasal 1 ayat 16?

( 1 ) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atau penyadapan atas Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik dalam suatu Komputer dan/atau Sistem Elektronik tertentu milik Orang lain.

Apa isi Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008?

Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atas transmisi Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang tidak bersifat publik dari, ke, dan di dalam suatu Komputer dan/atau Sistem Elektronik tertentu milik Orang lain, baik yang tidak menyebabkan perubahan apa pun maupun

Fitnah kena pasal berapa?

Fitnah ( Pasal 311 ayat (1) KUHP) Jadi, yang dimaksud dengan memfitnah dalam pasal ini adalah kejahatan menista atau menista dengan tulisan dalam hal ketika ia diizinkan untuk membuktikan bahwa tuduhannya itu untuk membela kepentingan umum atau membela diri, ia tidak dapat membuktikannya dan tuduhannya itu tidak benar.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Apa Yang Dimaksud Dengan Hormon?

Apakah hacker bisa dipidana?

Ancaman pidana pasal 45(1) KUHP. Pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah). Diatur pula dalam KUHP pasal 282mengenai kejahatan terhadap kesusilaan.

Apa isi pasal 35 UU ITE?

Pasal 35 UU ITE Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan manipulasi, penciptaan, perubahan, penghilangan, pengrusakan Informasi Elektronik dan/atau Dokurnen Elektronik dengan tujuan agar Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik tersebut dianggap seolah-olah data yang otentik.

Mengapa setiap orang wajib mengetahui dan melaksanakan Undang-Undang ITE nomor 11 tahun 2008 pasal 28?

Tujuan UU ITE ini dibuat melindungi orang yang menggunakan media sosial dan memberikan hukum bagi pemberi hoaks, kebencian, dan SARA. Dengan UU ini, negara menjamin akan memberi hukuman bagi yang melanggar, tujuannya agar kapok tidak lagi mengusik dan membuat warga panik.

UU ITE kapan dibuat?

UU ITE diundangkan pada 21 April 2008 dan menjadi cyber law pertama di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *