Jawaban Cepat: Apa Itu Huruf Kapital?

Apa itu huruf kapital dan contohnya?

Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama semua kata (termasuk semua unsur bentuk ulang sempurna) dalam nama negara, lembaga, badan, organisasi, atau dokumen, kecuali kata tugas, seperti di, ke, dari, dan, yang, dan untuk. Bentuk ulang sempurna (dwilingga), misalnya: Undang-Undang, Rumah-Rumah.

Huruf kapital itu seperti apa?

Huruf kapital atau huruf besar dipakai sebagai huruf pertama kata pada awal kalimat. Misalnya: Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama dalam kata dan ungkapan yang berhubungan dengan agama, kitab suci, dan Tuhan, termasuk kata ganti untuk Tuhan.

Bagaimana cara menulis huruf kapital?

Penulisan Huruf Kapital / Huruf Besar

  1. Huruf kapital atau huruf besar dipakai sebagai huruf pertama pada awal kalimat.
  2. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama petikan langsung.
  3. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama dalam ungkapan yang berhubungan dengan nama Tuhan dan kitab suci, termasuk kata ganti untuk Tuhan.

Huruf besar digunakan untuk apa saja?

Maka, berikut adalah deretan waktu yang dikatakan tepat untuk menggunakan huruf besar atau kapital tersebut:

  1. Awal Kalimat.
  2. Petikan Langsung.
  3. Menulis Nama Seseorang.
  4. Penulisan Gelar.
  5. Nama Tempat.
  6. 6. Penulisan Jabatan atau Pangkat.
  7. 7. Nama Lembaga, Badan, Negara, dan Organisasi.
  8. Judul Sebuah Tulisan.

Dimana sajakah huruf kapital digunakan Tuliskan juga contohnya?

Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama setiap kata pada unsur nama-nama orang. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama hari, bulan, tahun, dan hari raya. Contohnya: Idul Fitri tahun ini sangat meriah karena dapat berkumpul dengan keluarga besar.

You might be interested:  Pertanyaan: Apa Itu Literasi Keuangan?

Kapan biasanya huruf kapital itu digunakan?

Huruf kapital digunakan pada huruf pertama awal kalimat, nama orang, gelar, nama agama, kitab suci, tuhan, bahasa, suku dsb.

Dimana atau di mana yang benar?

Karena mana adalah kata ganti tempat, maka dipadukan dengan di sebagai kata depan. Sehingga penulisan yang tepat yaitu di mana, bukan dimana.

Apakah nama kota memakai huruf kapital?

Nama orang, tempat, hari, bulan, hari besar, nama agama, kitab, nama Tuhan atau dewa. Beberapa kata yang biasa ditulis kecil akan menjadi kapital jika dibarengi dengan kata-kata tertentu. Contoh: Kota Bandung, Kota Kembang, Danau Toba, Asia Tenggara.

Apakah aku menggunakan huruf kapital?

Kata ganti orang “kamu”, ” saya “, dsb. tidak diawali huruf kapital saat dipakai di tengah kalimat. Contoh: – Ini buku Anda. – Ini buku kamu.

Apakah kata aku menggunakan huruf kapital?

Padahal di bahasa kita, Bahasa Indonesia, kata “ aku ” atau “ saya ” tidak pernah ditulis dengan huruf awal kapital, kecuali berada di awal kalimat. Huruf “I” kapital merupakan hasil dari perkembangan bahasa. Dahulu kala, Inggris menggunakan kata ganti dari Jerman “ich” sebagai kata ganti orang pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *