Jawaban Cepat: Apa Itu Nikah Siri?

Nikah siri itu halal atau haram?

Nikah siri dikatakan sah-sah saja secara norma agama, tetapi beda halnya bagi norma hukum. Pernikahan siri tidak sah sebab tidak tercatat di KUA (Kantor Urusan Agama).

Apa yang dimaksud dengan nikah siri?

Nikah Siri adalah pernikahan yang gak dicatat oleh Kantor Urusan Agama (KUA) serta gak memiliki kekuatan hukum, namun tetap dianggap sah dalam ajaran agama Islam.

Alasan mengapa orang melakukan nikah siri?

Faktor – faktor tersebut adalah: 1. Nikah siri dilakukan karena hubungan yang tidak direstui oleh orang tua kedua pihak atau salah satu pihak. Atau sebaliknya, pernikahan siri terjadi karena tekanan dan paksaan dari orang tua agar menikah dengan pilihan orang tuanya.

Tata cara dan syarat nikah siri?

Berikut cara dan syarat nikah siri yang harus kamu ketahui!

  1. Memenuhi lima rukun nikah.
  2. Mempelai pria tidak memiliki empat istri.
  3. Mempelai wanita telah mendapat izin dari wali yang sah.
  4. 4. Ketentuan menunjuk wali hakim.
  5. Tidak dilakukan secara terpaksa.
  6. 6. Tidak dilakukan dalam keadaan ihram atau umrah.

Syarat nikah siri bagi pria beristri?

Syarat nikah siri bagi laki-laki

  • Beragama Islam.
  • Berjenis kelamin laki-laki dan bukan transgender.
  • Nggak melakukan nikah siri dalam paksaan.
  • Nggak memiliki 4 orang istri.
  • Calon istri yang akan dinikahi bukan mahramnya.
  • Pernikahan dilakukan bukan dalam masa ihram atau umrah.
You might be interested:  Jawaban Cepat: Apa Saja Jurusan Smk?

Apakah nikah siri bisa membuat kartu keluarga?

Meski belum sah secara hukum, pasangan pernikahan siri tetap memungkinkan memiliki KK. Bahkan akta kelahiran untuk anaknya. kaltimkece.id Menikah secara siri tak diakui secara hukum. Namun demikian, pasangan dari pernikahan siri, tetap memungkinkan mendapatkan kartu keluarga.

Apa dampak dari nikah siri?

Dampak pernikahan siri bagi perempuan adalah secara hukum, istri tidak dianggap sebagai isteri sah, tidak berhak mendapat wariasan jika suami meninggal, tidak berhak mendapat harga gono-gini bila terjadi perpisahan. Dampak tersebut juga belaku bagi anak kandung hasil pernikahan siri.

Apakah nikah siri ada batas waktunya?

Perkawinan kontrak pada umumnya memiliki batas waktu tertentu, misalnya 3 bulan atau 6 bulan atau 1 tahun. Sedangkan kawin siri tidak demikian halnya. Selanjutnya, orang yang melakukan perkawinan kontrak biasanya dilakukan oleh seseorang yang berkantong tebal.

Lebih baik nikah siri atau Zina?

“Prinsip utama bagi mereka, daripada zina di hukum tuhan yang lebih berat hukumnya, lebih baik nikah siri. Selama agama membenarkan nikah siri,” kata Burhan saat uji kelayakan dan kepatutan.

Syarat Nikah Siri dengan Wali Hakim?

Nikah siri dengan Wali Hakim tentu dibolehkan, asalkan sebagaimana diatur dalam Kompilasi Hukum Islam, Pasal 23 ayat (1) yang menyatakan bahwa: ” Wali hakim baru dapat bertindak sebagai wali nikah apabila wali nasab tidak ada atau tidak mungkin menghadirkannya atau tidak diketahui tempat tinggalnya atau gaib atau adlal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *