Kapan Belanda Masuk Ke Indonesia?

Masuknya Belanda ke Indonesia dimulai pada tahun 1595 pada saat Cornelis de Houtman memimpin armada yang terdiri dari 4 buah kapal menuju Nusantara. Pelayaran tersebut menempuh rute Belanda – Pantai Barat Afrika – Tanjung Harapan – Samudra Hindia – Selat Sunda – Banten.

Kapan Belanda sampai ke Indonesia?

Pada tahun 1595, Belanda dalam rutenya hingga ke Nusantara yaitu Indonesia adalah Barat Afrika –Tanjung, Harapan–Samudra Hindia–Selat Sunda–Banten yang membawa 4 kapal yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman. Sesampainya di Indonesia tepatnya di Banten, yang pada saat itu Banten di bawah pemerintahan Maulana Muhammad.

Kapan penjelajah Belanda pertama kali masuk ke kepulauan Nusantara?

Para penjelajah Belanda pertama kali masuk ke kepulauan Nusantara pada tahun 1595 dengan empat buah kapal, 64 pucuk meriam, dan 249 awak yang dikomandoi oleh Cornelis de Houtman. Rombongan Cornelis de Houtman sampai di Banten setahun setelahnya, atau 1596.

Kapan penjajahan dengan Belanda dimulai?

Setelah 350 tahun, penjajahan dengan Belanda dimulai yakni sekitar dalam tahun 1595. Tahun tersebut dalam sebuah negara Indonesia belum terjadi dan masih terdiri dari kerajaan-kerajaan yang berkisar dari Sabang sampai Merauke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *