Kapan Bisa Perpanjang Sim?

Kapan perpanjangan SIM Bisa dilakukan? Peraturannya terkait perpanjangan SIM harus dilakukan mulai dari 14 hari atau 2 minggu sebelum masa berlaku SIM habis. Apabila melewati tenggat waktu tersebut maka SIM Anda tidak dapat diperpanjang lagi alias harus membuat SIM baru.
Pemilik SIM wajib melakukan perpanjangan SIM paling telat satu hari sebelum masa berlaku habis. Kalau sudah melebihi tanggal masa berlaku, maka tidak ada dispensasi.

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan perpanjangan SIM?

Untuk melakukan perpanjangan SIM, waktu yang tepat memang jauh-jauh hari sebelum masa berlaku habis untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti keperluan mendadak misalnya.

Kapan batas minimum perpanjangan SIM?

Ayat 2 pasal tersebut berbunyi: ‘Perpanjangan SIM dilakukan sebelum masa berlakunya habis.’ Namun begitu beberapa kantor Satpas (Satuan Penyelenggaraan Administrasi) SIM memberlakukan aturan tertentu, seperti batas minimum perpanjangan SIM 14 hari sebelum masa berlakunya habis.

Berapa lama perpanjangan SIM?

Memang salah satu Anggota Satlantas Polrestabes Bandung mengatakan kalau Waktu Perpanjangan SIM bisa dilakukan 1 tahun sebelum masa berlaku habis, namun enggak harus terlalu jauh-jauh juga kok. Baca juga: Ini Alasan SIM Harus Diperpanjang Setiap 5 tahun sekali, Kok Tidak seperti KTP Seumur Hidup?

Berapa biaya perpanjangan SIM?

Untuk biaya perpanjangan SIM menurut undang-undang yang berlaku saat ini adalah Rp 75 ribu untuk jenis SIM C dan Rp 80 ribu untuk SIM A, biasanya akan dikenakan biaya lebih jika melakukan perpanjangan SIM Keliling, dibeberapa tempat nambah 5 ribu

You might be interested:  Pertanyaan: Apa Itu Gelar Phd?

Kapan SIM harus diperpanjang?

Namun SIM memiliki masa berlaku, harus diperpanjang setiap lima tahun sekali. Hal ini diatur dalam Undang-Undang (UU) No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Sebab itu, apabila masa berlaku SIM habis, pemegang SIM wajib memperpanjangnya sesuai dengan mekansime yang berlaku.

Kapan Perpanjang SIM C?

Semua jenis SIM memiliki masa berlaku lima tahun. Artinya, setiap lima tahun sekali, pengendara harus melakukan perpanjangan SIM dan tidak boleh telat. Oleh karenanya, perpajang SIM C harus segera dilakukan sebelum masa berlakunya habis.

Apakah bisa perpanjang SIM 6 bulan sebelum masa berlaku habis?

Untuk melakukan perpanjangan SIM, tidak perlu menunggu tanggal jatuh tempo berlakunya dokumen tersebut. Nah supaya tidak lupa, pemilik SIM bisa melakukan perpanjangan jauh-jauh hari sebelum masa berlaku habis.

Bolehkah perpanjang SIM 3 bulan sebelum habis?

Pemilik SIM wajib melakukan perpanjangan SIM paling telat satu hari sebelum masa berlaku habis. Kalau sudah melebihi tanggal masa berlaku, maka tidak ada dispensasi. Akibatnya, pemegang SIM yang habis harus melaksanakan mekanisme penerbitan SIM dari awal sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Berapa perpanjang SIM C 2022?

Itu artinya bikers harus mengulang dari awal untuk mengurus pembuatan SIM. Untuk biaya perpanjangan SIM per bulan April 2022 masih sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 76 tahun 2020. Untuk SIM A dikenakan biaya sebesar Rp 80.000 dan SIM C sebesar Rp 75.000.

Apa syarat perpanjangan SIM C?

Berikut syarat perpanjang SIM C yang perlu Anda siapkan. Fotokopi Surat Izin Mengemudi dan Kartu Tanda Penduduk sebanyak dua lembar. Surat keterangan sehat dari dokter atau puskesmas sebagai bukti bahwa Anda sehat jasmani. Mengambil dan mengisi formulir perpanjangan SIM C.

You might be interested:  Menurut Kalian Mengapa Harus Dipasang Rambu Jalan Berkelok?

Berapa denda telat perpanjang SIM?

Bahkan bisa ditilang oleh pihak yang berwenang dengan ancaman denda sebesar Rp 1 juta (satu juta rupiah) atau hukuman kurungan alias pidana selama empat bulan. ‘Demi menjaga rasa nyaman dan aman, pemilik SIM baiknya melakukan perpanjangan 14 hari sebelum masa berlaku habis,’ kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *