Kapan Digunakan Statistik Non Parametrik?

Kapankah metode statistik non parametik perlu digunakan? Metode ini harus digunakan untuk situasi sebagai berikut: Jika ukuran sampel sangat kecil hingga distribusi data tidak mendekati normal dan jika tidak ada asumsi yang bisa dibuat tentang bentuk distribusi populasi yang jadi sampel besar.

Apa kelemahan dari statistik non-parametrik?

Walaupun pada statistik non-parametrik tidak terikat pada distribusi normal populasi, tetapi dapat digunakan pada populasi berdistribusi normal. Sedangkan kelemahan dari statistik non-parametri antara lain statistik non-parametrik terkadang mengabaikan beberapa informasi tertentu.

Apa perbedaan antara uji statistik parametrik dan non parametrik?

Secara umum, ukuran central tendency dalam uji parametrik adalah rata-rata, sedangkan dalam uji statistik non parametrik adalah median. Terakhir, dalam uji statistik parametrik terdapat informasi lengkap mengenai populasi sedangkan pada uji statistik non parametrik tidak ada informasi mengenai populasi. 4.

Apa keunggulan statistik parametrik?

Keunggulan statistik parametrik antara lain syarat syarat parameter dari suatu populasi yang menjadi sampel biasanya tidak diuji dan dianggap memenuhi Syarat. pengukuran terhadap data dilakukan dengan kuat. Observasi bebas satu sama lain dan ditarik dari populasi yang berdistribusi normal serta memiliki varian yang homogen.

Bagaimana pengujian hipotesis pada statistik non-parametrik?

Pengujian hipotesis pada statistik non-parametrik dilakukan secara langsung pada pengamatan yang nyata. Walaupun pada statistik non-parametrik tidak terikat pada distribusi normal populasi, tetapi dapat digunakan pada populasi berdistribusi normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *