Kapan Hari Arafah?

Hari Arafah (Bahasa Arab: يوم عرفة, translit. Yawm ‘Arafah) ialah sebuah perayaan Islam yang berlaku pada 9 Zulhijah dalam kalendar Hijrah Islam. Hari ini merupakan hari kedua dalam ibadah Haji. Pada hari ini, para jemaah pergi ke Gunung Arafah dari Mina serta padang Arafah.

Kapan wukuf di Arafah?

Waktu wukuf di Arafah adalah dari terbit fajar hari kesembilan Dzulhijjah sampai terbit fajar malam Idul Adha.

Apa yang dimaksud dengan Hari Arafah?

Hari Arafah adalah waktu bagi jemaah haji melaksanakan wukuf di Arafah, mulai dari terbenamnya matahari (waktu zhuhur) pada tanggal 9 Zulhijah sampai fajar terbit pada tanggal 10 Zulhijah. Bagi umat Islam yang tidak sedang melaksanakan haji, disunahkan untuk melaksanakan Puasa Arafah saat tanggal 9 Zulhijah.

Kapan puasa Arafah 2021?

Jadwal Puasa Arafah Menurut kalender bulan Qomariah, puasa arafah jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah. Artinya puasa ini akan bertepatan dengan 19 Juli 2021 menurut kalender Masehi. Adapun bunyi bacaan niat dari puasa arafah beserta latin dan artinya adalah sebagai berikut.

Apa itu Arafah?

Arafah adalah daerah terbuka dan luas di sebelah timur luar kota suci umat Islam di Mekkah, Arab Saudi. Di padang yang luas ini, pada satu hari (siang hari) tanggal 9 Dzulhijjah pada penanggalan Hijriyah berkumpullah lebih dari dua juta umat Islam dari berbagai pelosok dunia untuk melaksanakan inti ibadah haji, ibadah Wukuf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *