Kapan Hari Cap Go Meh?

“Cap go” berasal dari angka 15 dan “meh” berarti malam. Jadi Cap Go Meh adalah malam kelima belas. Pada 15 hari tersebut menjadi waktu yang tepat digunakan untuk berdoa dalam meminta keberuntungan. Berdasarkan laman thechinesezodiac.org, 15 hari pada Tahun Baru Imlek merupakan hari yang paling menguntungkan dalam setahun.

Kapan perayaan Cap Go Meh disantap?

Lontong Cap Go Meh biasanya disantap keluarga Tionghoa Indonesia pada saat perayaan Cap Go Meh, yaitu empat belas hari setelah imlek atau tepatnya hari kelima belas bulan 1 penanggalan imlek.

Apa yang dimaksud dengan Cap Go Meh?

Kata Cap Go Meh berasal dari dialek Tiociu atau Hokkien, “Cap Go” yang artinya “lima belas” dan “Meh” artinya malam. Seperti namanya, perayaan itu secara harfiah berarti ‘malam kelima belas’ sejak Tahun Baru Imlek.

Apa makanan khas Cap Go Meh?

Makanan khas Cap Go Meh adalah Tangyuan. Bola-bola ketan yang kenyal, manis, dan berwarna-warni, bagi sebagian besar keluarga Tionghoa sangat penting dihidangkan saat Cap Go Meh. Dilansir Asian Inspirations, Tangyuan juga dikenal sebagai ‘Yuanxiao’, bola ketan yang direndam dalam air mendidih atau sirup manis.

Apa itu lontong Cap Go Meh?

Lontong Cap Go Meh merupakan masakan adaptasi peranakan Tionghoa Indonesia terhadap masakan Indonesia, tepatnya masakan Jawa. Hidangan ini terdiri dari lontong yang disajikan dengan opor ayam, sayur lodeh, sambal goreng hati, acar, telur pindang, abon sapi, bubuk koya, sambal, dan kerupuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *