Kapan Peristiwa Turunnya Ayat Al Qur An Pertama Kali?

tirto.id – Nuzululquran adalah peristiwa diturunkannya Al-Qur’an pertama kali, yaitu Surah Al-Alaq ayat 1-5 kepada Nabi Muhammad Saw. Peristiwa ini terjadi di Gua Hira (Makah) pada sebuah malam bulan Ramadan yang bertepatan dengan Agustus 610M. Terkait kapan tanggal pastinya Nuzululquran, terdapat perbedaan pandangan para ulama.
Liputan6.com, Jakarta – Nuzulul Quran merupakan peristiwa yang terjadi pada 610 Masehi, saat Nabi Muhammad menerima wahyu pertama dari Malaikat Jibrīl, sebagai awal dari turunnya ayat-ayat Al-Qur’an.

Kapan turunnya Surat Al-Alaq ayat 1-5?

Peristiwa turunnya Al Quran pada proses ketiga ini diawali dengan turunnya ayat pertama Al Quran dalam surat al-Alaq. Dalam buku tersebut disebutkan bahwa sebagian pendapat mengatakan turunnya surat al-Alaq ayat 1-5 terjadi pada malam ketujuh belas Ramadhan.

Berapa lama Al Quran diturunkan?

Ulama lain menyatakan Al Quran diturunkan dalam tempo waktu sekitar 23 tahun. Mengutip buku Sistematika Turunnya Al-Quran Sebagai Pola Gerakan Dakwah terbitan Pusat Studi Keislaman dan Kebudayaan (PSKK) STAIN CURUP, ada tiga periode yang berbeda terkait sejarah turunnya Al Quran.

Bagaimana sejarah turunnya Al Quran?

Sejarah turunnya Al Quran diceritakan dalam berbagai sumber. Dikutip dari buku Pengantar Studi Al Quran karya Abdul Hamid Lc, turunnya Al Quran terbagi ke dalam tiga periode. Periode pertama ketika di Bait al-Mahfuz. Pada proses ini tidak seorang pun yang mengetahui posisi keberadaan Al Quran.

Kapan waktu turunnya Al-Qur’an?

Waktu turunnya Al-Qur’an tersebut berbeda-beda pendapatnya, ada yang menyebutnya di tanggal 17 Ramadhan, ada juga yang berpendapat di malam lailatul qadar. Menurut situs nu.or.id terdapat beberapa pendapat ulama tentang kapan sebenarnya waktu nuzulul qur’an tersebut terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *