Kapan Rahasia Bank Bisa Gugur?

Rahasia bank akan gugur, apabila : 1. Untuk kepentingan perpajakan. Pimpinan Bank Indonesia atas permintaan Menteri Keuangan berwenang mengelurakan perintah tertulis kepada bank agar memberikan keterangan dan memperlihatkan bukti- bukti tentang keuangan nasabah penyimpanannya tertentu kepada pejabat pajak.

Apa yang dimaksud dengan pelanggaran rahasia Bank?

Pelanggaran Rahasia Bank adalah perbuatan memberikan keterangan mengenai Nasabah Penyimpan dan simpanannya, secara melawan hukum (bertentangan dengan Undang-Undang Perbankan) atau tanpa persetujuan Nasabah Penyimpan yang bersangkutan.

Apakah rahasia bank harus dimiliki oleh setiap bank?

Jadi walaupun rahasia bank merupakan salah satu unsur yang harus dimiliki oleh setiap bank sebagai lembaga kepercayaan masyarakat yang mengelola dana masyarakat, namun UUP/1998 menetapkan untuk tidak merahasiakan seluruh aspek yang ditatausahakan oleh bank.

Apa yang terjadi jika rahasia Bank dibuka?

Di luar ketentuan tersebut, jikalau rahasia bank dibuka maka dapat disebut sebagai suatu pelanggaran undang-undang perbankan. Konsekwensinya, siapapun mereka yang meminta di luar alasan limitatif itu dapat dikenai sanksi sesuai peraturan yang berlaku.

You might be interested:  Pertanyaan: Apa Itu Gpt Disk?

Apakah rahasia Bank?

Menurut teori ini, Rahasia Bank bersifat relative (terbatas). Semua keterangan mengenai nasabahdan keuangannya yang tercatat di bank wajib dirahasiakan. Namun bila ada alasan yang dapat dibenarkan oleh undang-undang, Rahasia Bank mengenai keuangan nasabah yang bersangkutan boleh dibuka (diungkapkan) kepada pejabat yang berwenang.

Kapan rahasia bank bisa dibuka?

(1) Pemberian perintah atau izin tertulis membuka Rahasia Bank sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4, Pasal 5, dan Pasal 6 dilaksanakan oleh Gubernur Bank Indonesia dalam waktu selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari setelah surat permintaan diterima secara lengkap oleh Direktorat Hukum Bank Indonesia.

Apakah pinjaman termasuk rahasia bank?

Rahasia Bank adalah segala sesuatu yang dengan keterangan mengenai nasabah penyimpan dan simpanannya. Maka data kredit tidak termasuk dalam informasi yang harus dirahasiakan.

Dalam hal apakah rahasia bank bisa dikecualikan?

Kewajiban untuk memegang teguh kerahasiaan bank tidak berlaku atau dikecualikan dalam hal yang salah satunya pengecualiannya yaitu terhadap kepentingan peradilan dalam perkara pidana, termasuk pidana judi online.

Apakah yang dimaksud pelanggaran rahasia bank?

Tindak pidana yang berkaitan dengan usaha bank Pembocoran rahasia bank adalah tindakan orang atau pihak terafiliasi membuka rahasia bank kepada pihak lain dengan melawan hukum.

Kepada siapa dirahasiakan bank?

Secara eksplisit kewajiban bank untuk merahasiakan keterangan nasabahnya diatur di dalam Pasal 40 ayat (1) UU 10/1998, namun yang wajib dirahasiakan itu terbatas kepada nasabah penyimpan dan simpanannya, kecuali dalam hal sebagaimana dimaksud Pasal 41-44 dalam hal seperti untuk kepentingan perpajakan berdasarkan

Apa saja yang termasuk rahasia bank?

CAKUPAN RAHASIA BANK MELIPUTI: DEPOSITO, GIRO, TABUNGAN, SERTIFIKAT DEPOSITO, BENTUK LAINNYA, ATAU DANA YANG DIPERCAYAKAN BERDASARKAN AKAD MUDHARABAH ATAU AKAD LAIN SESUAI PRINSIP SYARIAH. www.

You might be interested:  Mengapa Saat Kita Menyanyi Harus Menyesuaikan Dengan Kecepatan Lagu?

Data apa saja yang harus dirahasiakan oleh bank?

Adapun data dan atau informasi konsumen yang wajib dirahasiakan sebagaimana yang diatur dalam Surat Edaran OJK di atas adalah sebagai berikut: a. Perseorangan: 1) nama; 2) alamat; 3) tanggal lahir dan/atau umur; 4) nomor telepon; dan/atau 5) nama ibu kandung.

Apakah Slik bersifat rahasia?

Informasi ini bersifat RAHASIA dan hanya digunakan untuk kepentingan pemohon informasi.

Jelaskan pengertian rahasia bank dan apa saja yang harus dirahasiakan?

Pengertian Rahasia Bank adalah :

segala sesuatu yang berhubungan dengan keterangan mengenai Nasabah Penyimpan dan Simpananannya serta Nasabah Investor dan Investasinya. Bank dan Pihak Terafiliasi wajib merahasiakan keterangan mengenai Nasabah Penyimpan dan Simpanannya serta Nasabah Investor dan Investasinya.

Apa yang dimaksud dengan rahasia bank dan sebutkan pengecualian dari kerahasiaan bank?

Pengertian Kerahasiaan Bank

Kerahasiaan Bank diatur didalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan (Undang-Undang Perbankan) yang mana mengaturnya dalam Pasal 1 angka 28 bahwa “rahasia bank adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan keterangan mengenai nasabah penyimpan dan simpanannya”.

Apa dasar hukum rahasia bank?

Di Indonesia, prinsip kerahasiaan bank ini ditegaskan dalam Pasal 40 UU 10/1998 yang berbunyi: Bank wajib merahasiakan keterangan mengenai Nasabah Penyimpan dan simpanannya, kecuali dalam hal sebagaimana dimaksud dalam Pasal 41, Pasal 41A.

Apa yang dimaksud dengan rahasia bank menurut teori mutlak?

Menurut teori rahasia bank yang bersifat mutlak (absolute theory), bank mempunyai kewajiban untuk menyimpan rahasia atau keterangan- keterangan mengenai nasabahnya yang diketahui bank karena kegiatan usahanya dalam keadaan apapun juga, dalam keadaan biasa atau dalam keadaan luar biasa.

Apa yang dimaksud dengan rahasia bank bersifat mutlak?

Teori rahasia bank bersifat mutlak, yaitu bank berkewajiban menyimpan rahasia nasabah yang diketahui oleh bank karena kegiatan usahanya dalam keadaan apapun.

You might be interested:  Pertanyaan: Perut Sakit Kepala Pusing Gejala Apa?

Bagaimana sanksi terhadap pelanggaran rahasia bank?

Anggota Dewan Komisaris, Direksi, pegawai bank atau pihak terafiliasi lainnya yang dengan sengaja memberikan keterangan yang wajib dirahasiakan menurut Pasal 40, diancam dengan pidana penjara sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun dan paling lama 4 (empat) tahun serta denda sekurang kurangnya Rp 4.000.000.000 (empat miliar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *