Kapan Tenggelamnya Kapal Selam 402?

Tenggelamnya KRI Nanggala-402 diawali ketika kapal selam buatan Jerman ini mengikuti latihan penembakan senjata strategis TNI AL 2021. Sesuai rencana, kapal selam ini hendak melakukan latihan tembak torpedo pada Rabu 22 April 2021 dini hari. Kepala Staf TNI AL Laksamana Yudo Margono menjelaskan, latihan dimulai sekitar pukul 02.30 Wita.
Kapal Selam KRI Nanggala-402 dinyatakan hilang saat hendak uji tembak rudal di Laut Bali pada 21 April lalu. Saat ditemukan pada 25 April, kapal selam yang usia pakainya sudah sepanjang 40 tahun itu telah tergolek di dasar laut sedalam hampir 840 meter–jauh di luar kemampuan selamnya yang 250 meter.

KRI 402 tenggelam kapan?

JawaPos.com – Tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 menghebohkan warga Indonesia pada 2021 ini. Peristiwa ini salah satu musibah terkelam angkatan bersenjata Indonesia khususnya TNI AL. KRI Nanggala-402 hilang kontak di perairan dekat Bali. Kapal ini diketahui satu dari lima kapal selam yang dimiliki TNI AL.

Apa penyebab kapal selam 402 tenggelam?

Penyebab Tenggelamnya KRI Nanggala Dipastikan Karena Kecelakaan. Iwan Isnurwanto Pangkoarmada II Laksda TNI menegaskan bahwa tenggelamnya kapal KRI Nanggala-402 di kedalaman 839 meter terjadi karena kecelakaan, bukan meledak.

Apakah KRI 402 sudah ditemukan?

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksda TNI Iwan Isnurwanto dan jajaran dalam konferensi pers di Pangkalan TNI AL Denpasar, Bali, Selasa (18/05/2021).

You might be interested:  Kapan Boleh Makan Saat Idul Adha?

Bagaimana nasib KRI Nanggala 402 terkini?

Kemudian pada tanggal 25 April 2021 KRI-402 dinyatakan tenggelam dan seluruh krunya telah gugur. Tim pencari telah memastikan KRI Nanggala tenggelam di kedalaman 838 meter dan terbelah menjadi tiga bagian.

Kenapa kapal KRI Nanggala 402 tenggelam Kenapa kapal selam punya batas maksimal kedalaman *?

‘Kapal itu (Nanggala-402) hancur karena pressure hull-nya ditekan dengan tekanan hidrostatistik yang 4 kali lebih besar, karena dari 200 meter jadi 800 meter. Makanya pressure hullnya pecah,’ ujarnya kepada CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon (27/4).

Apa penyebab kapal bisa tenggelam?

Saat sebuah kapal berada di dalam air, ia mendorong ke bawah dan memindahkan sejumlah air yang sama dengan beratnya. Jika massa jenis rata-rata kapal lebih besar dari massa jenis air, maka kapal akan tenggelam di bawah permukaan air.

KRI Nanggala 402 ditemukan dimana?

Kapal Tan Suo Er Hao milik China menemukan kawah di lokasi tenggelamnya KRI Nanggala 402 di perairan Bali utara. Di kawah itu, diduga badan tekan (pressure hull) kapal yang di dalamya berisi 53 awak KRI Nanggala.

Siapa yang menemukan KRI Nanggala 402?

Liputan6.com, Jakarta – Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menyampaikan bahwa kapal selam KRI Nanggala 402 berhasil ditemukan oleh Remotely Operated Vehicle (ROV) milik Singapura.

Dimana kapal selam 402 tenggelam?

Seperti diketahui, KRI Nanggala-402 hilang kontak dan dinyatakan tenggelam saat melaksanakan latihan di perairan utara Bali pada 21 April 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *