Kapan Terjadinya Kebakaran Pertamina Di Indramayu?

Sebanyak lima orang mengalami luka berat, 15 orang luka ringan, dan tiga orang hilang akibat tangki penyimpan bahan bakar minyak (BBM) milik PT Pertamina di Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat mengalami kebakaran pada Senin (29/03) dini hari, menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana

Kapan terjadi kebakaran Pertamina Indramayu?

Sebelumnya lagi, yaitu pada Senin (29/3/2021), kebakaran juga terjadi di kilang minyak milik Pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat pada pukul 00.45 WIB dini hari. Kebakaran yang melanda kilang di Balongan cukup besar sehingga proses pemadaman memakan waktu sampai 2 hari.

Apa Penyebab kebakaran Pertamina Indramayu?

Terjadi akibat sambaran petir atau induksi pada Tangki G yang berdampak terjadinya segitiga api (udara oksigen, vapor hydrocarbon, serta sambaran petir).

Apa penyebab kilang minyak terbakar?

Menurut investigasi Pertamina, kebakaran disebabkan oleh kebocoran dinding tangki dan korosi. Tak lama berselang dari kebakaran Balongan, kebakaran lainnya terjadi di Komplek Kilang Paracilin PT Pertamina RU IV Cilacap, Jawa Tengah, sekitar pukul 18.30 WIB, Jumat (11/6) lalu.

Mengapa kilang Balongan mempunyai nilai yang strategis brainly?

Jawaban: Menjaga Kestabilan pasokan BBM dan merupakan sentra bisnis dari pemerintah Indonesia.

Dimana kilang minyak terbesar di Indonesia?

Cilacap, Jawa Tengah

You might be interested:  Mengapa Salat Berjamaah Lebih Utama Dari Salat Sendiri?

Kilang minyak Cilacap atau Refinery Unit IV Cilacap merupakan kilang minyak terbesar di Indonesia sekaligus yang terlengkap fasilitasnya. Kilang Minyak Cilacap, Jawa Tengah, memiliki kapasitas produksi terbesar, yaitu mencapai 348.000 barel per hari.

Apa itu kilang Pangkalan Brandan?

Kilang Pangkalan Brandan Pertamina unit pengolahan I Pangkalan Brandan, Sumatera Utara merupakan kilang yang dibangun sejak sangat lama. Namun sayangnya, Kilang Pangkalan Brandan saat ini sudah ditutup pada awal 2007 dikarenakan kurangnya pasokan minyak mentah maupun gas di titik tersebut.

Mengapa kilang minyak memiliki nilai strategis bagi perekonomian Indonesia?

Kilang minyak memiliki nilai strategis bagi perekonomian Indonesia karena mampu mengelola minyak mentah sendiri sehingga meningkatkan ketahanan energi nasional karena tidak ketergantungan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dari luar negeri serta menciptakan nilai tambah karena akan membuka peluang untuk industri baru.

Apa yang dimaksud dengan kilang Balongan?

Melansir laman Pertamina, Senin (29/3/2021), Refinery Unit (RU) VI Balongan atau Kilang Balongan merupakan kilang keenam dari tujuh kilang Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero). RU VI Balongan mulai beroperasi sejak tahun 1994.

Apa yang dimaksud dengan kilang minyak dan bagaimanakah proses dalam kegiatan kilang minyak tersebut?

Kilang minyak (bahasa Inggris: oil refinery) adalah pabrik/fasilitas industri yang mengolah minyak mentah menjadi produk petroleum yang bisa langsung digunakan maupun produk-produk lain yang menjadi bahan baku bagi industri petrokimia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *