Kapan Waktu Melaksanakan Salat Dhuha?

Waktu melaksanakan sholat Dhuha tersebut yaitu ketika matahari setinggi ombak atau 12 menit setelah matahari terbit dan batas awal yang aman untuk melakukan sholat dhuha yaitu jam 08.00 pagi. Waktu sholat Dhuha perlu diperhatikan, sebab sebelum matahari setinggi ombak dilarang melaksanakan salat.

Kapan waktu shalat dhuha?

Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin berkata, “Awal waktu shalat Dhuha adalah ketika matahari meninggi setinggi tombak ketika dilihat yaitu 15 menit setelah matahari terbit.” ( Syarh Al Arba’in An Nawawiyah, hal. 289)

Kapan waktu dhuha dimulai?

Ukuran ini kira-kira mulai jam 7 pagi. Menurut jumhur ulama, waktu dhuha dimulai ketika matahari meninggi lebih dari sepenggalah hingga sedikit menjelang waktu dzuhur, sekitar 15 menit setelah waktu syuruq hingga 15 menit sebelum masuknya waktu dzuhur. Ketika matahari sudah mulai menampakkan sinarnya, umat Islam sudah bisa mengerjakan sholat dhuha.

Kapan waktu terbaik untuk sholat Dhuha?

Di samping itu, menurut buku Shalat Subuh dan Shalat Dhuha oleh Muhammad Khalid, waktu yang paling utama untuk menunaikan sholat dhuha adalah ketika terik matahari semakin menyengat. Namun, agar lebih aman, sholat dhuha sebaiknya dilaksanakan hingga kurang dari seperempat jam sebelum waktu sholat Zuhur tiba.

Apa yang dimaksud dengan sholat Dhuha?

Diterangkan dalam hadits riwayat at-Tirmidzi bahwa Rasulullah SAW bersabda: ‘Sholat dhuha itu mendatangkan rezeki dan menolak kemiskinan; tidak ada yang memelihara sholat kecuali hanya orang-orang yang bertaubat.’ Dalam hadits lain dijelaskan bahwa mengerjakan sholat dhuha dapat mencukupi kewajiban sedekah bagi setiap muslim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *