Kapan Waktunya Sholat Isya Dan Kapan Berakhirnya?

Waktu utama untuk sholat isya adalah di pertengahan malam. Sehingga waktu pelaksanaan sholat Isya dapat ditunda sampai sepertiga malam. Namun, waktunya bisa diperpanjang hingga menjelang subuh apabila terdapat kebutuhan darurat.

Kapan waktu akhir shalat Isya’?

Waktu darurat ini misalnya ketika seseorang sakit lantas sembuh ketika waktu darurat, maka ia masih boleh mengerjakan shalat Isya’ di waktu itu. Begitu pula halnya wanita haidh, wanita nifas ketika mereka suci di waktu tersebut. Inilah pendapat ulama Hanabilah. Pendapat keempat: Waktu akhir shalat Isya’ adalah pertengahan malam.

Apa yang dimaksud dengan akhir waktu sholat isya’?

Akhir waktu sholat isya’ menurut pendapat yang lebih kuat yaitu hingga munculnya fajar shodiq (masuknya waktu shubuh). Ini adalah pendapat dari sahabat seperti Ibnu Abbas dan murid-muridnya dari kalangan tabi’in seperti Atho’, Thowus dan Ikrimah. Juga Imam Abu Hanifah, ulama-ulama Syafi’iyyah, Ibnu Qudamah, asy-Syaukani dll.

Kapan waktu akhir shalat Isya sampai terbit Fajar Shodiq?

(*) Waktu malam dihitung dari shalat Maghrib hingga waktu Shubuh. Sehingga pertengahan malam, jika Maghrib misalnya jam 6 sore dan Shubuh jam 4 pagi, kira-kira jam 11 malam. Dalil yang menjadi pegangan bahwa waktu akhir shalat Isya’ itu sampai terbit fajar shodiq (masuk waktu shubuh) adalah hadits Abu Qotadah,

You might be interested:  Kapan Boruto Episode 231 Rilis?

Bolehkah sholat isya jam 3 malam?

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa hukum menunaikan sholat isya jam 3 pagi diperbolehkan. Karena waktu tersebut masih masuk dalam batas waktu sholat isya.

Kapankah waktu pelaksanaan salat Isya?

Sholat Isya merupakan sebuah nama untuk saat awal langit mulai gelap (setelah maghrib) hingga sepertiga malam yang awal. Sholat Isya disebut demikian karena dikerjakan pada waktu tersebut.

Apakah jam 2 malam masih bisa shalat Isya?

Jika sholat dilaksanakan di luar waktu mukhtar, boleh saja tetapi tidak dianjurkan. Menurut Daeng, waktu mukhtar untuk sholat isya adalah sejak masuk waktu yakni ba’da maghrib, hingga 1/3 malam atau tengah malam. Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ulama membolehkan umat Islam sholat isya pada jam 3 pagi.

Apakah boleh sholat isya dibarengi shalat tahajud?

Melaksanakan sholat isya yang digabung sekalian dengan sholat tahajud hendaknya jangan dijadikan kebiasaan. Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Buya Yahya.

1 per 3 malam itu jam berapa?

Sepertiga malam: dimulai kira-kira pukul 19.00-22.00. Sepertiga kedua: dimulai kira-kira pukul 22.00-01.00. Sepertiga ketiga: dimulai kira-kira pukul 01.00 hingga masuk waktu subuh.

Apakah jam 12 malam boleh sholat Isya?

Menurutnya, batas paling akhir sholat isya hanya sampai pukul 12 malam. Sementara, pada pukul 1 dini hari hingga 4 pagi disebut olehnya sebagai waktu terbaik untuk mengerjakan sholat tahajud. ‘Azan isya itu waktu terbaik sholat sampai pertengahan malam kisaran jam 12.

Mencontoh Siapakah Kalau kita melaksanakan sholat?

Jawaban. Nabi Muhammad SAW,karena dia merupakan orang yang telah menuntun kita untuk melakukan apa yang dikerjakan.

Isya artinya apa?

Arti isya di KBBI adalah: waktu menjelang malam sesudah lenyapnya sinar merah di ufuk barat;. Lihat arti dan definisi di jagokata.

You might be interested:  FAQ: Apa Itu Kuota Mds?

Bolehkah shalat isya di waktu subuh?

Sedangkan batas akhir sholat isya ketika akan habis malam dan munculnya fajar setelah shalat subuh. Namun apabila ada seseorang yang ketiduran dalam rentan waktu tersebut lalu melaksanakan shalat isya, boleh dilakukan. Tetapi, sholat isya diwaktu tersebut disarankan tidak boleh karena akan berujung dosa.

Bolehkah sholat isya mendekati subuh?

Selama dikerjakan sebelum subuh, sholat Isya sah dan tidak dikatakan berdosa. Selain itu waktu sholat Isya sampai sepertiga atau pertengahan malam. Meskipun jika dikerjakan sebelum subuh, sholat sah tapi makruh.

Apa itu waktu Mukhtar?

Waktu mukhtar artinya waktu tersebut sangat dianjurkan untuk melaksanakan sholat. Jika sholat dilaksanakan di luar waktu mukhtar, boleh saja tetapi tidak dianjurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *