Pertanyaan: Apa Arti Bhineka Tunggal Ika?

Apakah arti dan makna Bhinneka Tunggal Ika?

Bhinneka Tunggal Ika jika diterjemahkan memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Ikrar sederhana yang penuh makna ini diambil dari kitab Sutasoma karya Mpu Tantular. Sebagai warga negara yang baik, kamu wajib mengetahui lebih banyak perihal semboyan bangsa Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika.

Apa arti Bhineka Tunggal Ika dalam buku Sutasoma?

Pengertian Bhinneka Tunggal Ika dalam Buku Sutasoma adalah (Bahwa agama Buddha dan Siwa (Hindu) merupakan zat yang berbeda, tetapi nilai-nilai kebenaran Jina (Buddha) dan Siwa adalah tunggal. Terpecah belah, tetapi satu jua, artinya tak ada dharma yang mendua).

Apa yang dimaksud dengan semboyan?

[ semboyan ] Makna semboyan di KBBI adalah: tanda atau alamat untuk memberitahukan sesuatu (tentang bunyi kentungan, nyala. Contoh: kentungan di balai desa itu dipukul.

Bagaimana cara memaknai semboyan Bhineka Tunggal Ika?

makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah agar bangsa indonesia yang memiliki beragam ras, suku, budaya, agama, dan lain sebagainya tetap bersatu dan tidak terpecah belah, sehingga menjadikan bangsa indonesia bangsa yang kuat dimata dunia.

Apa fungsi dari Bhineka Tunggal Ika?

Fungsi Bhinneka Tunggal Ika adalah sebagai alat pemersatu bangsa yang terdiri dari berbagai suku, agama, ras, dan antar golongan lainnya.

Apa pengertian Bhineka Tunggal Ika dalam lambang negara Garuda Indonesia?

Bhinneka Tunggal Ika adalah moto atau semboyan bangsa Indonesia yang tertulis pada lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila. Frasa ini berasal dari bahasa Jawa Kuno yang artinya adalah “Berbeda-beda tetapi tetap satu”.

You might be interested:  FAQ: Zodiak Cancer Cocok Berpasangan Dengan Zodiak Apa?

Apa pengertian Bhineka Tunggal Ika dalam lambang negara Burung Garuda?

KOMPAS.com – Bhineka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetap satu jua. Itu menjadi semboyan bangsa Indonesia dan tertulis pada lambang negara Garuda Pancasila. Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki sekitar 17.000 pulau dan keberagaman suku, adat istiadat, bahasa, ras dan kebudayaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *