Pertanyaan: Apa Itu Jalur Zonasi?

Apakah yg dimaksud jalur zonasi?

Sistem zonasi adalah sebuah sistem pengaturan proses penerimaan siswa baru sesuai dengan wilayah tempat tinggal. Sistem tersebut meraih kritikan karena beberapa murid malah diterima di sekolah yang memiliki jarak yang lebih jauh ketimbang sekolah terdekat.

Apa yang dimaksud jalur zonasi PPDB?

Apa Itu Jalur Zonasi Jalur sistem zonasi merupakan jalur penerimaan siswa berdasarkan zona tempat tinggal. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 memberlakukan jalur penerimaan ini. PPDB tahun 2020 dapat diikuti calon siswa yang akan masuk TK, SD, SMP, serta SMA/SMK.

Apakah jalur zonasi menggunakan nilai?

Jalur Zonasi tidak boleh menggunakan nilai Ujian Nasional. Untuk jalur ini kriteria seleksi dapat menggunakan nilai Ujian Nasional.

Bagaimana sistem zonasi sekolah?

Jalur sistem zonasi merupakan jalur penerimaan siswa berdasarkan zona tempat tinggal. Penggunaan sistem zonasi untuk penerimaan siswa baru merupakan salah satu jalur untuk bisa diterima di sekolah. Penerapan sistem zonasi sebenarnya menyasar siswa baru agar mendaftar sekolah sesuai tempat tinggal.

Apakah 2020 ada zonasi?

PPDB 2020 Tetap Sistem Zonasi, Kuota Jalur Prestasi Ditambah 13 Desember 2019 ← Back. Jakarta, Kemendikbud — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan tetap menjalankan kebijakan zonasi dalam sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) pada tahun 2020.

You might be interested:  Pertanyaan: Apa Itu Cuci Darah?

Apa itu luar zonasi?

Calon Peserta Didik Bisa Daftar Lewat Jalur Domisili dan Prestasi di Luar Zonasi. Artinya, peserta didik bisa mendaftar lebih dari satu sekolah dalam zonasi berbeda.

Bagaimana sistem zonasi SMA 2020?

Dengan demikian skema kuota jalur zonasi PPDB 2020 berubah menjadi: jalur zonasi 50 persen, afirmasi 15 persen, pindahan 5 persen dan jalur prestasi 30 persen. Zonasi tidak hanya mengatur pemerataan kualitas sekolah dan peserta didik, tetapi juga menitikberatkan pada peran dan komposisi guru di suatu daerah.

Apakah PPDB 2021 masih zonasi?

Berdasarkan Permendikbud tersebut, PPDB 2021 untuk SD, SMP, dan SMA akan dilaksanakan melalui beberapa jalur pendaftaran, yakni zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orangtua/wali, dan prestasi kecuali untuk jenjang SD.

Berapa persen jalur zonasi?

Dengan pemangkasan itu kuota jalur zonasi turun menjadi 40 persen. Hal tersebut berbeda dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 44 Tahun 2019 Pasal 11 Ayat 2, kuota jalur zonasi paling sedikit berjumlah 50 persen dari kapasitas sekolah.

Apa itu jalur zonasi prestasi?

Untuk kuota jalur prestasi dibagi menjadi dua yakni prestasi akademik dan prestasi non akademik. Untuk jenjang SMP/SMA jalur prestasi memiliki kuota 25% di tiap sekolahnya dengan rincian 20% untuk prestasi akademik dan 5% untuk prestasi nonakademik.

Berapa jarak zonasi sekolah sma 2019?

Untuk Sekolah Dasar (SD) jarak yang ditentukan maksimal sampai 3 kilometer, Sekolah Menengah Pertama (SMP) jarak yang ditentukan hingga maksimal 5-7 kilometer, sedangkan Sekolah Menegah Atas atau Kejuruan ( SMA /SMK) ditentukan jarak hingga maksimal 9-10 kilometer.

Apa keuntungan sistem zonasi?

Jalur zonasi memberi kemudahan bagi peserta didik yang berdomisili dalam wilayah zonasi yang ditetapkan pemerintah daerah untuk melanjutkan studi di sekolah yang satu zona dengannya. Domisili calon peserta didik ini dilihat dari alamat pada kartu keluarga yang diterbitkan minimal 1 tahun sebelum PPDB.

You might be interested:  Apa Itu Ruu Hip Pancasila?

Apa itu Zona Selamat Sekolah?

Zona sekolah atau lebih dikenal di Indonesia sebagai Zona Selamat Sekolah (Zoss) adalah suatu kawasan di sekitar sekolah yang perlu dikendalikan lalu lintas kendaraan menyangkut kecepatan, parkir, menyalib, pejalan kaki yang menyeberang jalan.

Sistem zonasi dimulai sejak kapan?

Sistem Zonasi PPDB yang sebenarnya sudah dibuat sejak tahun 2016 memiliki beberapa kelebihan. Menurut Mendikbud Muhadjir Effendy, sistem zonasi akan mempercepat pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *