Pertanyaan: Apa Itu Makna Konotasi?

Apa itu konotasi dan contohnya?

Konotasi adalah makna tambahan dari suatu kata atau ungkapan. Contoh kata yang mempunyai makna konotasi adalah sebagai berikut. 1. Kata gerombolan mempunyai makna konotasi (makna tambahan) buruk, jahat.

Apa itu makna denotasi konotasi?

Konotasi adalah makna kultural atau emosional yang bersifat subjektif dan melekat pada suatu kata atau frasa. Sementara itu, makna eksplisit dan harfiah dari suatu kata atau frasa disebut denotasi. Dengan kaya lain, denotasi adalah makna sebenarnya, dan konotasi adalah makna tidak sebenarnya.

Apa contoh konotasi?

Berikut ini terdapat beberapa contoh kalimat konotasi, terdiri atas:

  • Pria itu dituduh menjadi kambing hitam dalam kasus ini.
  • Sikapnya terhadap saya membuat saya memakan hatinya.
  • Lengan panjang itu ditangkap dan dibawa langsung ke kantor polisi.
  • Pria itu adalah tangan kanan direktur.

Apa itu konotasi dan denotasi dan contohnya?

Konotasi: Makna kiasan ( tidak sebenarnya ). Denotasi: Makna sebenarnya. Contoh: Konotasi: Bu Sri sedang membisu seribu bahasa.

Apa itu konotasi brainly?

Konotasi adalah kalimat yang mengandung makna yang bukan sebenarnya (konotatif). Denotasi adalah kalimat yang mengandung makna sebenarnya (denotatif).

Apa itu konotasi positif dan negatif?

Dengan kata lain, makna denotasi adalah makna yang dekat dengan makna harafiah sebuah benda. Konotasi positif merupakan kiasan yang mengandung makna baik/ positif. Sebaliknya, konotasi negatif merupakan kiasan yang mengandung makna buruk / negatif.

You might be interested:  Pertanyaan: Warna Biru Cocok Dengan Warna Apa?

Apa perbedaan makna denotatif dan konotatif?

Denotatif adalah makna yang besifat umum. Sementara konotatif adalah makna yang bersifat khusus. Berdasarkan penyataan para ahli, denotatif adalah makna yang tidak menggunakan pikiran dan perasaan tertentu. Denotasi adalah makna kata atau kelompok kata yang didasarkan atas penunjukan yang lugas.

Apa itu kata konotasi dalam puisi?

Dalam menulis puisi, penyair berusaha mengungkapkan perasaan dan maksud (pikirannya) dengan kata yang setepat-tepatnya. Penggunaan kata konotatif ini dimaksudkan untuk mengungkapkan maksud penyair, yaitu memberikan kesan yang lebih indah dan kuat.

Apa yang dimaksud denotasi dan konotasi dalam kebahasaan karya ilmiah dan berikan contoh kalimatnya?

Share: Makna denotasi adalah makna harifah yang sebenarnya dari suatu kata. Makna konotasi adalah makna tambahan atau makna yang berhubungan dengan nilai rasa. Misalnya, seorang wanita memiliki makna denotasi sebagai makhluk hidup yang bisa hamil, memiliki payudara, di mana kebalikannya dari laki-laki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *