Pertanyaan: Apa Itu Studi Kasus?

Apa yang dimaksud studi kasus dan contohnya?

Studi kasus adalah penelitian yang biasanya dipakai dalam ilmu sosial dan juga pengaturan pendidikan. Contoh studi kasus adalah mempelajari masalah psikologis misalnya seperti perkembangan anak yang dibesarkan oleh single parent atau orang tua tunggal.

Apa yang dimaksud dengan metode studi kasus?

Studi kasus adalah salah satu metode penelitian dalam ilmu sosial. Seperti halnya pada tujuan penelitian lain pada umumnya, pada dasarnya peneliti yang menggunakan metode penelitian studi kasus bertujuan untuk memahami objek yang ditelitinya.

Apa saja yang harus ada dalam studi kasus?

Langkah-Langkah Penelitian Studi Kasus

  1. Pemilihan Tema, Topik dan Kasus.
  2. Pembacaan Literatur.
  3. Perumusan Fokus dan Masalah Penelitian.
  4. Pengumpulan Data.
  5. Penyempurnaan Data.
  6. 6. Pengolahan Data.
  7. 7. Analisis Data.
  8. Proses Analisis Data.

Langkah langkah dalam membuat studi kasus?

Beberapa tahapan dalam membuat suatu studi kasus diawali dengan menentukan masalah, membuat disain dan instrumen, mengumpulkan data, membuat analisis data, dan mempersiapkan laporan penelitian. Hasil akhir studi kasus adalah pemahaman yang mendalam akan suatu fenomena.

Apa itu studi kasus dalam makalah?

Studi kasus diartikan sebagai metode atau strategi dalam penelitian untuk mengungkap kasus tertentu. Ada juga pengertian lain, yakni hasil dari suatu penelitian sebuah kasus tertentu.

You might be interested:  Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Sistem Ekonomi?

Kapan studi kasus dapat dilakukan?

Penggunaan studi kasus tunggal dapat dilakukan ketika kasus mewakili (1) kasus kritis untuk menguji teori, (2) kasus yang tidak biasa atau unik, (3) kasus umum yang dapat menambah pemahaman pada peristiwa tertentu, (4) kasus yang sebelumnya tidak dapat diakses, (5) kasus longitudinal (Yin, 2002).

Mengapa menggunakan studi kasus?

Sebagai pendekatan, kunci penelitian studi kasus memungkinkan untuk menyelidiki suatu peristiwa, situasi, atau kondisi sosial tertentu dan untuk memberikan wawasan dalam proses yang menjelaskan bagaimana peristiwa atau situasi tertentu terjadi (Hodgetts & Stolte, 2012).

Mengapa memilih jenis penelitian studi kasus?

Alasan (singkat) memilih Metode Studi Kasus Peneliti tidak mempunyai kontrol/kendali terhadap jalannya penelitian. Contoh: penelitian yg penelitinya mempunyai kontrol yaitu yg memakai metode kuantitatif eksperimental. Masalah yang diteliti bersifat kontemporer (masa kini; masih berjalan sampai saat ini).

Bagaimana tahapan dalam analisis data penelitian studi kasus?

Proses Penelitian Studi Kasus

  1. Menentukan dengan membatasi kasus.
  2. Memilih fenomena, tema atau isu penelitian.
  3. Memilih bentuk-bentuk data yang akan dicari dan dikumpulkan.
  4. Melakukan kajian triangulasi terhadap kunci-kunci pengamatan lapangan, dan dasar-dasar untuk melakukan interpretasi terhadap data.

Apa itu studi kasus dalam penelitian kualitatif?

Salah satu jenis penelitian kualitatif deskriptif adalah berupa penelitian dengan metode atau pendekatan studi kasus (Case Study ). Studi kasus termasuk dalam penelitian analisis deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan terfokus pada suatu kasus tertentu untuk diamati dan dianalisis secara cermat sampai tuntas.

Apa itu studi kasus pdf?

ABSTRAK Studi kasus (Case studies) merupakan bagian dari metodologi penelitian yang mana pada pokok pembahasanya seorang peneliti dituntut untuk lebih cermat, teliti dan mendalam dalam mengungkap sebuah kasus, peristiwa, baik bersifat individu ataupun kelompok.

You might be interested:  Apa Manfaat Memainkan Permainan Tradisional?

Langkah-Langkah studi kasus dalam bimbingan konseling?

studi kasus dan langkah – langkah pemberian bantuan

  1. Guru BK mengidentifikasi biodata siswa secara langsung dan tidak langsung.
  2. Guru BK mencari informasi tentang penyebab terjadinya pemerosotan nilai dengan cara menghubungi guru mata pelajaran dan teman-teman terdekatnya.
  3. Guru BK melakukan home visit untuk mengetahui lebih jelasnya penyebab terjadinya penurunan nilai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *