Pertanyaan: Apa Kegunaan Kartu Pra Kerja?

Berapa dapat uang kartu pra kerja?

Seperti diketahui, peserta terpilih Kartu Prakerja secara total akan mendapat dana bantuan sebesar Rp 3,55 juta. Rinciannya, peserta akan mendapat uang bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca pelatihan Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp 50 ribu untuk tiga kali.

Apa keuntungan daftar Prakerja?

Dikutip dari laman situs resmi prakerja.go.id, terdapat tiga keuntungan besar yang didapatkan jika mengikuti program kartu prakerja, yaitu: Pertama, dapat pelatihan atau pengembangan kompetensi dalam dunia kerja yang ingin digeluti baik itu secara teori ataupun praktek dengan membeli paket kompetensi tersebut.

Kartu pra kerja buat siapa saja?

Kartu Prakerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga untuk pekerja atau buruh yang terkena PHK dan pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Berapa intensif kartu pra kerja?

Insentif Prakerja terdiri dari: Bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta. Insentif biaya mencari kerja sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan dengan total Rp 2,4 juta. Insentif pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000 per survei untuk 3 kali survei sehingga total Rp 150.000.

You might be interested:  Apa Bahan Bakar Pesawat?

Sampai kapan kartu Prakerja berlaku?

Adapun masa berlaku kartu prakerja adalah 30 hari setelah mendapatkan dana insentif. Setelah kamu mendapatkan dana atau voucher dari prakerja maka segerakanlah membeli kelas pelatihan yang ada pada prakerja.

Apakah saldo Prakerja harus dihabiskan?

Penjelasan pihak Prakerja Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menjelaskan, tidak ada sanksi jika sisa saldo pelatihan tidak dihabiskan. Tujuan program Kartu Prakerja kan untuk meningkatkan kompetensi,” kata Louisa saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (28/11/2020) sore.

Apakah umur 50 tahun bisa daftar kartu pra kerja?

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri mengungkapkan, tak ada batasan usia maksimal bagi penerima Kartu Pra Kerja. Sehingga, usia 60 tahun ke atas bisa memperoleh kartu tersebut. Moeldoko mengatakan, pemerintah tidak menentukan batasan usia dalam menjalankan program Kartu Pra Kerja ini.

Apakah satu KK bisa daftar Prakerja?

Artinya, dalam satu KK, hanya dua orang anggota keluarga yang bisa menjadi peserta Kartu Prakerja. Mereka adalah penduduk yang masih menempuh pendidikan formal (NIK masih terdaftar di Dapodik), anggota TNI/Polri, anggota DPR/DPRD, direksi/komisaris/dewan pengawas BUMN dan BUMD.

Apakah penerima bansos bisa daftar Prakerja?

Hal ini karena Prakerja menjadi program semi bansos, sehingga peserta yang sudah terdaftar penerima bansos di Kementerian Sosial tidak bisa menjadi penerima Kartu Prakerja. Bantuan sosial yang dimaksud seperti DTKS, Bantuan Subsidi Upah (BSU), atau Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Apakah saldo pelatihan Prakerja bisa dicairkan?

Jawabannya adalah tidak bisa diuangkan, dicairkan, atau ditarik. Harus dipakai pelatihan, atau jika tidak, saldonya akan kembali ke khas manajemen prakerja.

Berapa kali insentif Prakerja cair?

Menanggapi hal itu, Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menjelaskan bahwa setiap penerima Kartu Prakerja mendapat 4 kali insentif yang dibayarkan dalam 4 bulan. Untuk peserta yang baru menyelesaikan pelatihan pertamanya pada Desember, insentifnya akan diberikan hingga Maret 2021.

You might be interested:  Tanya pembaca: Asam Mefenamat Untuk Apa?

Uang Prakerja ditransfer kemana?

Cara Mencairkan Insentif Prakerja Gelombang Terbaru Insentif Kartu Prakerja akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo, atau GoPay milik peserta. Bantuan tersebut akan hangus apabila dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima, peserta belum melakukan pelatihan pertama kartu prakerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *