Pertanyaan: Apa Makna Simbol Rantai Pada Pancasila?

Apa makna dari simbol rantai dalam Pancasila?

Lambang rantai pada sila kedua Pancasila itu terdiri dari mata rantai berbentuk segi empat dan lingkaran yang saling terkait membentuk lingkaran. Mata rantai segi empat melambangkan laki-laki dan mata rantai lingkaran melambangkan perempuan. Sehingga, sesama manusia harus saling membantu satu sama lain.

Apa makna dari simbol rantai?

Garuda Pancasila memiliki lambang rantai sebagai simbol sila kedua dari Pancasila, yakni Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Lambang ini bermakna hubungan antarmanusia yang saling membantu dan saling membutuhkan.

Apa makna rantai dalam simbol sila kedua Pancasila?

Rantai emas merupakan lambang dari sila kedua yang berbunyi “Kemanusiaan yang adil dan beradab”. Mata rantai dalam simbol tersebut berbentuk persegi dan lingkaran yang saling mengaitkan. Kemudian, mata rantai yang saling mengaitkan melambangkan hubungan timbal balik antarumat manusia, baik laki-laki maupun perempuan.

Apa makna lambang sila ke 5 Pancasila?

Padi kapas ini melambangkan sila kelima, yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Kapas dan padi melambangkan pangan dan sandang yang merupakan kebutuhan pokok semua rakyat Indonesia tanpa melihat status atau kedudukan. Karena alasan itulah padi dan kapas dijadikan sebagai lambang sila kelima.

You might be interested:  Apa Itu Shalat Witir?

Apa makna dari sila ke 2?

Sila kedua Pancasila berbunyi “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”. Makna sila kedua tersebut berarti bangsa Indonesia diakui dan diperlakukan sesuai harkat dan martabat sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, manusia memiliki derajat, hak, dan kewajiban yang sama.

Apa arti pancasila 1 sampai 5?

Isi dari Pancasila itu sendiri yaitu lima butir sila yang menjadi asas dari kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu ( 1 ) Ketuhanan yang Maha Esa, (2) Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, (3) Persatuan Indonesia, (4) Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan dan Perwakilan, dan ( 5 ) Keadilan

Apa simbol sila ketiga Pancasila jelaskan makna simbol tersebut?

Pohon Beringin yang merupakan simbol dari sila ketiga Pancasila yang berbunyi “Persatuan Indonesia” memiliki arti tempat teduh yang aman. Selain itu akar dari pohon beringin adalah akar tunggal yang tumbuh sangat dalam sehingga maknanya, seluruh rakyat Indonesia diharapkan bersatu sebagai kesatuan bangsa Indonesia.

Apa simbol Sila ke 3 Pancasila jelaskan makna simbol tersebut?

Makna Lambang Sila Ketiga Pohon beringin merupakan simbol sila ketiga yang berbunyi “Persatuan Indonesia”. Pohon beringin dengan akar yang menjulur ke bawah diartikan sebagai tempat berteduh. Jadi, Pancasila sebagai dasar negara diibaratkan sebagai peneduh bangsa Indonesia untuk berlindung dan merasa aman.

Manakah simbol sila kedua Pancasila Gambarlah simbol sila kedua Pancasila?

Lambang sila kedua Pancasila terdapat pada lambang negara, burung Garuda Pancasila. Terletak di perisai Garuda Pancasila, sila kedua yang berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dilambangkan dengan rantai berwarna emas dengan mata rantai yang berbentuk kotak dan bulat yang saling mengait.

You might be interested:  Sasa Terbuat Dari Apa?

Apa makna dari sila yang dilambangkan oleh padi dan kapas?

Pada bagian kiri bawah terdapat lambang padi dan kapas yang melambangkan sila kelima Pancasila, yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Padi dan kapas mewakili sila kelima karena melambangkan kebutuhan dasar setiap manusia, yaitu pangan dan sandang (pakaian).

Apa saja makna dan nilai nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila?

Nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila Percaya dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai ajaran agama yang dianut masing-masing. Menjalankan perintah agama sesuai ajaran yang dianut masing-masing individu. Saling menghormati antar umat beragama. Tidak memaksakan seseorang atas agama.

Apa makna lambang sila pertama Pancasila?

Makna Lambang Sila Pertama Bintang emas merupakan simbol sila pertama dalam pancasila berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Lambang bintang tersebut memiliki makna sebagai sebuah cahaya, yaitu yang dipancarkan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada umat manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *