Pertanyaan: Apa Yang Dimaksud Dengan Pendidikan Kewarganegaraan?

Apa yang dimaksud dengan Pendidikan Kewarganegaraan dan apa tujuannya?

Tujuan utama pendidikan kewarganegaraan adalah untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara, sikap serta perilaku yang cinta tanah air dan bersendikan kebudayaan bangsa, wawasan nusantara, serta ketahanan nasional dalam diri para calon-calon penerus bangsa yang sedang dan mengkaji dan akan menguasai imu

Apa tujuan diselenggarakannya pendidikan kewarganegaraan?

Pendidikan kewarganegaraan diberikan agar mahasiswa memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air, demokratis, berkeadaban, berdaya saing, disiplin dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional guna mewujudkan tujuan nasional yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945.

Jelaskan apa yang dimaksud pendidikan kewarganegaraan yang berdasarkan Pancasila?

Pendidikan kewarganegaraan adalah pendidikan yang mengingatkan kita akan pentingnya nilai-nilai hak dan kewajinan suatu warga negara agar setiap hal yang di kerjakan sesuai dengan tujuan dan cita-cita bangsa dan tidak melenceng dari apa yang di harapkan.

Dimanakah diatur tentang wajibnya pendidikan kewarganegaraan di universitas?

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan pendidikan yang wajib iberikan di semua jenjang pendidikan termasuk di jenjang perguruan tinggi sebagaimana tertuang baik di dalam UU UU No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional maupun UU baru yaitu dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Apa Arti Dari Surat Al Falaq?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan pendidikan pancasila?

Pendeknya, yang dimaksud dengan PENDIDIKAN PANCASILA adalah pendidikan mengenai Pancasila yang merupakan dasar negara Indonesia dengan tujuan menanamkan nilai-nilai luhur pada generasi muda Indonesia sehingga memiliki karakter/watak Pancasila di dalam dirinya.

1 Apa arti pentingnya PKn di dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara?

Jawaban. untuk memberi pengetahuan sejak dini untuk anak anak generasi penerus bangsa. agar suatu saat nanti mereka dapat memahami dan mengetahui tata tatanan bernegara. setidaknya mereka dapat mengetahui dasar dasar atau pokok pokok pendidikan bernegara di Indonesia.

Apa dasar hukum diberikan mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi?

Adapun landasan hukum pelaksanaan mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. 1. Undang-Undang Dasar 1945. Pasal 27 (1) menyatakan bahwa “segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan serta wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya”.

Jelaskan dengan ringkas apa tujuan dan landasan pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi?

Landasan, Tujuan, Visi, Misi dan Kompetensi Penyelenggaraan Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara, meningkatkan keyakinan akan ketangguhan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia.

Mengapa Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan sangat penting diberikan kepada mahasiswa di perguruan tinggi?

Pendidikan Pancasila di tingkat perguruan tinggi sangat penting artinya, karena merupakan proses lanjutan pembentukan karakter bagi manusia di mana akan berlangsung samapai manusia itu menemui ajalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *