Robohnya Surau Kami Dimana Dan Kapan Cerita Itu Terjadi?

Jawaban: Tempat terjadinya peristiwa dala cerpen ‘Robohnya Surau Kami’ adalah sebuah surau di suatu tempat, tanpa dikatakan letak persisnya. Sementara itu, waktu terjadinya peristiwa adalah sepanjang hari. Tidak ada waktu yang spesifik.

Kapan cerita Robohnya Surau Kami Terjadi?

Di mana dan kapan peristiwa dalam cerita itu terjadi? Jawaban: cerita dalam cerpen tersebut terjadi di Kota yang terjadi pada saat siang dan malam hari. Selain itu, pada cerpen ini diceritakan terjadi di surau kakek dan rumah Ajo Sidi.

Robohnya Surau Kami Siapa saja tokoh cerita itu?

Terdapat empat tokoh yang muncul dalam cerpen ini, yaitu kakek, aku, Ajo Sidi, Haji Saleh, istri tokoh aku, dan istri Ajo Sidi. Kakek adalah tokoh utama (protagonis) dalam cerpen ini.

Robohnya Surau Kami pesan pesan yang disampaikan pengarang melalui cerpennya itu apa saja?

1. Kita tidak seharusnya membiarkan orang lain mengambil harta benda yang kita miliki sehingga membiarkan anak cucu kita miskin. 2. Kita tidak seharusnya berkelahi, saling menipu, dan saling memeras antarsesama untuk bertahan hidup.

You might be interested:  Tanya pembaca: Apa Pengertian Dari Teknik Lipat Dalam Berkarya?

Kapan peristiwa dalam cerita itu terjadi?

Waktu terjadinya peristiwa dalam cerita disebut dengan Latar Waktu.

Bercerita tentang apakah cerpen Robohnya Surau Kami?

Cerpen ‘Robohnya Surau Kami’ bercerita tentang kisah tragis matinya seorang Kakek penjaga surau (masjid yang berukuran kecil) di kota kelahiran tokoh utama cerpen itu.

Surau Kami itu maksudnya apa?

Pembahasan. Maksud tersembunyi dari kata-kata Robohnya Surau Kami adalah runtuhnya kesombongan kami (Haji Saleh dan jemaah suatu surau) yang selalu mementingkan agamanya daripada keluarganya. Makna lugas dari kata-kata Robohnya Surau Kami adalah robohnya tempat umat Islam melakukan ibadatnya.

Apa maksud tersembunyi dibalik pertanyaan tokoh A dalam Robohnya Surau Kami?

Jawaban. Jawaban: maksudnya tersembunyinya adalah: Bekerjalah seolah-olah kamu akan hidup selama-lamanya, dan berdoalah atau beribadahlah seolah-olah kamu akan mati esok.

Apa maksud tersembunyi di balik pernyataan tokoh Ajo Sidi?

Jawaban. maksudnya adalah: Bekerjalah seolah-olah engkau akan hidup selama-lamanya, dan berdoalah/ beribadahlah seolah-olah engkau akan mati esok.

Nilai apa saja yang terkandung dalam cerpen Robohnya Surau Kami?

Nilai yang terkandung dalam cerpen ‘Robohnya Surau Kami ‘ karya A.A Navis adalah NILAI SOSIAL yakni kita harus hidup dalam kondisi yang harmonis dengan masyarakat lain dan tak lupa tolong menolong serta NILAI RELIGIUS yaitu agar kita tak lupa beribadah kepada Tuhan sembari berbuat kasih pada sesama.

Setujukah kamu dengan isi cerpen Robohnya Surau Kami?

Jawaban. Setuju, karena secara tak langsung isi cerpen tersebut menyindir masalah sosial yang sedang terjadi di dalam negeri ini.

Dimanakah peristiwa dalam cerita tersebut terjadi?

Jawaban. karena latar adalah tempat terjadinya peristiwa dalam cerita.

Apa yang dimaksud dengan latar waktu?

Latar waktu berhubungan dengan masalah kapan terjadinya peristiwa-peristiwa dalam sebuah cerita fiksi. Masalah kapan tersebut umumnya dikaitkan dengan waktu kejadian di dunia nyata, waktu faktual, dan waktu yang ada kaitannya dengan peristiwa sejarah (Nurgiyantoro,2010:230).

You might be interested:  Mengapa Kita Harus Menggunakan Prinsip Ekonomi?

Latar tentang kapan sebuah cerita terjadi disebut?

Latar waktu menurut Nurgiyantoro adalah latar yang berhubungan dengan masalah kapan terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan dalam sebuah karya fiksi (1995:231).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *