Tanya pembaca: Apa Itu Kalimat Majemuk?

Apa contoh kalimat majemuk?

Kalimat majemuk adalah kalimat yang mengandung dua pola kalimat atau lebih. Sebagai contoh: ayah menulis surat sambil adik berdiri disampingnya, pola kalimat yang pertama adalah ayah menulis surat dan pola kalimat yang ke dua adalah adik berdiri disampingnya.

Apa yang dimaksud dengan kalimat majemuk?

KOMPAS.com – Kalimat majemuk adalah struktur kalimat yang memiliki lebih dari satu dasar kalimat.

Apa yang dimaksud kalimat majemuk beserta contohnya?

Secara umum, pengertian kalimat majemuk adalah kalimat yang mengandung dua pola kalimat atau lebih. Kalimat majemuk dapat juga diartikan sebagai kalimat yang terdiri dari dua klausa. Contoh kalimat majemuk setara: Kakek pergi ke Medan dan nenek di rumah.

Apa ciri ciri kalimat majemuk?

2. Ciri – Ciri Kalimat Majemuk Kalimat majemuk memiliki lebih dari satu subjek dan satu predikat. Terdapat penggabungan atau perluasan pada kalimat inti. Dari penggabungan atau perluasan kalimat ini akan didapatkan pola kalimat baru.

Apa saja yang termasuk jenis jenis kalimat majemuk?

Berikut 3 jenis kalimat majemuk lengkap dengan contoh kalimatnya.

  1. Kalimat Majemuk Setara. Ini adalah kalimat yang memiliki dua klausa bebas atau lebih.
  2. Kalimat Majemuk Bertingkat. Kalimat majemuk bertingkat adalah kalimat yang dihubungkan dengan konjungsi subordinatif.
  3. Kalimat Majemuk Campuran.
You might be interested:  FAQ: Apa Yang Terjadi Jika Kertas Spiral Ditempatkan Diatas Api Lilin?

Apa contoh kalimat kompleks?

Berikut adalah beberapa contoh kalimat kompleks: Adik menyapu rumah sedangkan kakak mencuci piring. Ayah bekerja sebagai satpam di bank sedangkan Bunda bekerja sebagai pegawai di universitas. Ivan tidak masuk sekolah hari ini karena neneknya meninggal tadi pagi.

Apa yang dimaksud dengan kalimat setara?

Kalimat majemuk setara adalah kalimat majemuk yang unsur atau bagian-bagiannya mempunyai hubungan sederajat, atau dengan kata lain, kalimat yang terjadi dari gabungan beberapa kalimat tunggal yang setara. Ahim membaca Alquran dan Imron menghafal hadis.

Apa yang dimaksud dengan kalimat majemuk hubungan cara?

Kalimat majemuk bertingkat hubungan cara adalah salah satu jenis-jenis kalimat majemuk bertingkat yang menunjukkan cara yang berhubungan dengan kalimat sebelumnya. Berikut adalah beberapa contoh kalimat majemuk bertingkat hubungan cara: Ia menendang bola dengan sangat keras.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kalimat majemuk bertingkat dan setara?

Kalimat majemuk setara adalah kalimat yang terbentuk dari penggabungan dua klausa atau kalimat yang mempunyai kedudukan sederajat, sedangkan kalimat majemuk bertingkat adalah kalimat yang terbentuk dari anak kalimat dan induk serta memiliki kedudukan yang tidak sederajat, dimana anak kalimat berkedudukan sebagai

Apa yang dimaksud dengan masyarakat yang majemuk?

Masyarakat majemuk adalah masyarakat yang terdiri dari berbagai macam karakteristik kebudayaan baik perbedaan dalam bidang etnis, golongan, agama, tingkat sosial yang tinggal dalam suatu komunitas tertentu. Dalam kajian masyarakat majemuk,kajian tentang etnisitas banyak mengambil perhatian para ahli.

Apa saja ciri ciri kalimat efektif?

Berikut ini adalah 5 ciri – ciri sehingga suatu kalimat dapat kita katakan efektif.

  1. Kesepadanan Struktur. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kelengkapan struktur dan penggunaannya.
  2. Kehematan Kata.
  3. Kesejajaran Bentuk.
  4. 4. Ketegasan Makna.
  5. Kelogisan Kalimat.
You might be interested:  Pertanyaan: Apa Itu Ram Dan Rom?

Apa ciri ciri kalimat ajakan?

Ciri – ciri Kalimat Ajakan Bersifat membujuk atau mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu. Ditandai dengan tanda seru di akhir kalimat sebagai penegasan. Biasa digunakan untuk kebutuhan komersil seperti iklan promosi, imbauan, dan slogan. Biasanya menggunakan kata ganti seruan jamak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *