Tanya pembaca: Apa Itu Kalimat Pasif?

Apa contoh kalimat pasif?

Secara sederhana, contoh kalimat pasif ialah ikan dipancing oleh Jusuf. Ikan adalah subjek, dipancing oleh adalah predikat, dan Jusuf adalah objek. Dalam hal ini, subjek (ikan) yang dikenai predikat atau menjadi bahan yang melakukan pekerjaan.

Apa itu kalimat pasif dan contohnya?

Kalimat pasif tindakan adalah kalimat pasif dimana predikatnya menyatakan suatu perbuatan/kegiatan/tindakan. Imbuhan yang digunakan adalah di-, ter-, ke- dan kata ganti. Contoh: Bunga mawar itu ditanam oleh nenek.

Apa ciri kalimat pasif?

Ciri – ciri Kalimat Pasif dalam Bahasa Indonesia Subjek berperan sebagai pelaku yang dikenai suatu perbuatan. Predikatnya berimbuhan di-, ter- ke-an, dan ter-an. Objek pada kalimat pasif adalah subjek pada kalimat aktif. Biasanya terdapat kata oleh atau dengan di dalamnya.

Apa yang dimaksud dengan pasif?

[ pasif ] Makna pasif di KBBI adalah: bersifat menerima saja; tidak giat; tidak aktif. Contoh: anggota perkumpulan itu pasif.

Contoh kata yang berakhiran kan?

Berikut adalah beberapa contoh kata berakhiran – kan dalam kalimat:

  • Berikan cangkir yang berwarna merah itu padanya.
  • Kali ini kami tawarkan harga yang sangat miring kepada Anda semua.
  • Tolong bersihkan meja ini sebelum konsumen lain datang.
  • Cukup teteskan sedikit saja agar warna yang dihasilkan tidak terlalu mencolok.
You might be interested:  Apa Yang Dimaksud Perubahan Sosial?

Apa itu kalimat aktif dan pasif dan contohnya?

Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya aktif melakukan sesuatu. Sedangkan kalimat pasif adalah kalimat subjeknya dikenai sesuatu pekerjaan. Contoh: Kalimat aktif: Renu sedang menyiram tanaman.

Apa contoh kalimat kompleks?

Berikut adalah beberapa contoh kalimat kompleks: Adik menyapu rumah sedangkan kakak mencuci piring. Ayah bekerja sebagai satpam di bank sedangkan Bunda bekerja sebagai pegawai di universitas. Ivan tidak masuk sekolah hari ini karena neneknya meninggal tadi pagi.

Apa yang dimaksud kalimat aktif dan contohnya?

Yang dikategorikan sebagai kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya menjadi pelaku dari sebuah pekerjaan ataupun kejadian. Sementara itu, pada kalimat pasif, subjek justru dikenai sebuah pekerjaan. Contoh: Pada kalimat aktif, subjek menjadi pelaku yang melakukan pekerjaan atau predikat.

Apa contoh kalimat aktif?

Adik minum jus jambu. Ayah memberi adik sepeda baru sebagai hadiah. Adik sedang menonton televisi di ruang tengah.

Apa yang dimaksud dengan konservatif?

Konservatisme adalah sebuah filsafat politik yang mendukung nilai-nilai tradisional. Sebagian pihak konservatif berusaha melestarikan status quo, sementara yang lainnya berusaha kembali kepada nilai-nilai dari zaman yang lampau, the status quo ante.

Apa itu pasif brainly?

Jawaban. Sikap pasif adalah sikap menerima saja, tidak giat, tidak aktif, sedangkan sikap agresif menunjukkan ekspresi yang terkesan melecehkan, menghina, menyakiti, merendahkan dan bahkan menguasai pihak lain sehingga tidak ada rasa saling menghargai dalam interaksi atau komunikasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *