Tanya pembaca: Apa Itu Kartu Prakerja?

Siapa saja yang bisa mendaftar kartu pra kerja?

Dirangkum dari laman resmi Prakerja, orang yang sudah bekerja, karyawan, korban PHK, serta pelaku usaha mikro dan kecil juga boleh mendaftar, sepanjang memenuhi persyaratan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi.

Apa yang dimaksud Prakerja?

Kartu Prakerja merupakan program dari pemerintah untuk para pencari kerja hingga pekerja yang terdampak Covid-19. Bagi Anda yang ingin mendaftar Kartu Prakerja dapat mengakses laman www. prakerja.go.id. Program Kartu Prakerja terbuka bagi WNI berusia 18 tahun ke atas yang tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Bagaimana cara menggunakan kartu Prakerja?

Awas Hangus, Simak Panduan Penggunaan Saldo Pelatihan Kartu Prakerja

  1. Masuk ke situs mitra platform digital resmi Kartu Prakerja.
  2. Pilih pelatihan dan lakukan pembelian.
  3. Pilih metode pembayaran Kartu Prakerja dan pastikan saldo kamu cukup.
  4. Masukkan nomor akun Kartu Prakerja kamu (bersifat rahasia)

Berapa uang yang didapat dari kartu pra kerja?

Seperti diketahui, peserta terpilih Kartu Prakerja secara total akan mendapat dana bantuan sebesar Rp 3,55 juta. Rinciannya, peserta akan mendapat uang bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca pelatihan Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp 50 ribu untuk tiga kali.

You might be interested:  Sering ditanyakan: Apa Perbedaan Nabi Dan Rasul?

Apakah umur 50 tahun bisa daftar kartu pra kerja?

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri mengungkapkan, tak ada batasan usia maksimal bagi penerima Kartu Pra Kerja. Sehingga, usia 60 tahun ke atas bisa memperoleh kartu tersebut. Moeldoko mengatakan, pemerintah tidak menentukan batasan usia dalam menjalankan program Kartu Pra Kerja ini.

Apakah guru honorer bisa daftar Prakerja?

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 sudah dibuka Hari ini. Guru honorer, korban PHK, belum bekerja, bisa semua mengikuti tesnya. Guru honorer, korban PHK, belum bekerja, bisa semua mengikuti tesnya.

Apa keuntungan kartu Prakerja?

Merdeka.com – Manfaat Kartu Prakerja adalah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Awalnya, program ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja sasaran yang berusia 18 tahun ke atas. Namun, adanya pandemi Covid-19, Kartu Prakerja diprioritaskan bagi para pekerja atau pelaku usaha mikro yang terdampak.

Apakah kartu Prakerja hanya untuk pengangguran?

Program ini juga tidak hanya dikhususkan untuk pengangguran, tapi juga bisa diikuti untuk orang yang saat ini punya pekerjaan. Menurut Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana (PMO) Prakerja, Denni Puspa Purbasari, program kartu Prakerja bukan hanya bagi masyarakat yang menganggur saja, namun untuk semua orang.

Bagaimana cara mengikuti pelatihan online kartu Prakerja?

Pilih ” Kartu Prakerja ” pada bagian Program Pemerintah. Berikut cara pembelian pelatihan di Sisnaker:

  1. Buka website kemnaker.go.id.
  2. Buat akun Sisnaker, kemudian login.
  3. Pilih menu Pelatihan di halaman awal kemnaker.go.id.
  4. Pilih daftar sebagai peserta pelatihan.
  5. Pilih program pelatihan yang tersedia.

Langkah selanjutnya setelah lulus kartu pra kerja?

4 Tahapan yang Dilalui Setelah Lolos Kartu Prakerja Gelombang 15

  1. Suara.com – Pengumuman program Kartu Prakerja gelombang 15 telah diumumkan pada hari Rabu (24/3/2021) pada pukul 12.00 WIB. Kuota yang lolos gelombang 15 seleksi program Kartu Prakerja ini sebanyak 600.000 peserta.
  2. Menonton video Induksi.
  3. Membeli Pelatihan.
  4. Tautkan Rekening atau E-Wallet.
  5. Mengikuti Pelatihan.
You might be interested:  Tanya pembaca: Apa Fungsi Pembuluh Darah?

Apakah kartu Prakerja bisa diuangkan?

Uang tersebut memang bisa dicairkan, berbeda dengan biaya pelatihan yang besarannya Rp 1 juta. Biaya pelatihan hanya dapat digunakan untuk membeli pelatihan yang disediakan oleh mitra Prakerja. Berhasil menyambungkan nomor rekening bank atau e-wallet di akun situs www. prakerja.go.id.

Berapa intensif kartu pra kerja?

Insentif Prakerja terdiri dari: Bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta. Insentif biaya mencari kerja sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan dengan total Rp 2,4 juta. Insentif pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000 per survei untuk 3 kali survei sehingga total Rp 150.000.

Berapa Lama pelatihan pra kerja?

Simak cara mengikuti pelatihan setelah dinyatakan lolos dalam pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 11 yang dibatasi waktu pembelian pelatihan 30 hari. Kartu Prakerja – Cara mengikuti pelatihan setelah dinyatakan lolos dalam pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 11 yang dibatasi waktu pembelian pelatihan 30 hari.

Berapa penghasilan Prakerja?

Syarat Mendapatkan Kartu Pra Kerja dan Bisa Terima ‘ Gaji ‘ Rp 1 Juta Per Bulan. JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah bakal mempercepat realisasi program Kartu Pra Kerja guna mengatasi meningkatnya angka pengangguran akibat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), imbas mewabahnya virus corona (Covid-19).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *