Tanya pembaca: Apa Itu Pap Smear?

Apa yang dimaksud dengan Pap Smear?

Pap smear adalah prosedur pengambilan dan pemeriksaan sampel sel dari leher rahim, untuk melihat ada tidaknya kelainan yang dapat mengarah kepada kanker serviks.

Bagaimana cara pemeriksaan pap smear?

Tahapan Pap Smear

  1. Memakai baju khusus. Posisi pasien dalam pemeriksaan pap smear mirip dengan proses persalinan normal.
  2. Berbaring di meja periksa. Usahakan serileks mungkin ketika berbaring di meja periksa.
  3. Pemeriksaan vagina.
  4. Pembukaan vagina.
  5. Pengambilan sampel sel.
  6. Pelepasan spekulum dan pemeriksaan sampel.

Apa yang harus dilakukan jika hasil Pap smear positif?

Pasien yang memperoleh hasil pap smear positif akan disarankan untuk menjalani pemeriksaan lanjutan dengan kolposkopi. Kolposkopi adalah pemeriksaan jaringan leher rahim, vagina, dan vulva dengan menggunakan kaca pembesar khusus (kolposkop).

Dimana kita bisa melakukan pap smear?

Anda tidak perlu menunggu ada pengumuman mengenai pap smear gratis atau berbiaya murah untuk dapat menjalani pemeriksaan ini. Semua rumah sakit menyediakan layanan pap smear melalui dokter kandungan. Puskesmas terdekat dengan tempat tinggal pun sudah menyediakan layanan ini dengan alat yang sesuai standar WHO.

You might be interested:  Tanya pembaca: Janin 10 Minggu Sudah Bisa Apa?

Apa itu pap smear dan berapa biayanya?

Biaya tes Pap Smear hanya sekitar Rp400.000 untuk Pap Smear yang berbasis cairan. Tes ini adalah untuk menguji keberadaan sel pra-kanker atau kanker pada serviks. Selama prosedur rutin, sel-sel dari serviks dikikis dengan lembut, kemudian diperiksa untuk mengetahui apakah ada pertumbuhan yang tidak normal (abnormal).

Apa yang dimaksud pap smear dan kapan waktu yang tepat untuk melakukan pap smear?

Halodoc, Jakarta – Pap smear atau pap test, adalah pemeriksaan yang dikhususkan untuk mendeteksi infeksi virus di area Miss V, misalnya human papillomavirus (HPV) penyebab kanker serviks.

Penyakit apa saja yg bisa di tes dengan pap smear?

Pemeriksaan pap smear adalah tes yang dilakukan dengan mengumpulkan sampel sel dari leher rahim untuk kemudian dites lebih lanjut di laboratorium. Prosedur ini dilakukan sebagai pemeriksaan untuk mendeteksi kemungkinan adanya kanker serviks (kanker leher rahim) sejak dini.

Apa saja yang harus dilakukan sebelum melakukan Pap smear?

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan Pap smear meliputi:

  1. Pastikan Anda tidak sedang menstruasi.
  2. Jangan melakukan hubungan seksual selama 2-3 hari sebelum pemeriksaan.
  3. Tidak menggunakan tampon selama 2-3 hari sebelum tes.
  4. Jangan membersihkan vagina dengan douche selama 2-3 hari sebelum pemeriksaan.

Berapa biaya papsmear di RS?

Berapa biaya Pap smear? Biaya pemeriksaan Pap smear berkisar dari mulai Rp.300.000 hingga Rp.600.000, dan bervariasi dari rumah sakit atau klinik yang menyelenggarakannya.

Apakah kanker leher rahim bisa disembuhkan?

Lantas, bisakah kanker serviks disembuhkan? Sebenarnya, bisa. Meski pengobatan kanker serviks itu cukup kompleks dan tidak mudah dilakukan, peluang kesembuhan bagi pengidap kanker ini bisa cukup tinggi jika terdeteksi sejak dini.

You might be interested:  FAQ: Apa Yang Terjadi Jika Kertas Spiral Ditempatkan Diatas Api Lilin?

Bolehkah berhubungan setelah tes Pap Smear?

Berhubungan seks setelah pap smear boleh saja dilakukan. Akan tetapi, hal ini berlaku ketika tidak ada kondisi kesehatan vagina yang terjadi setelah tes pap, seperti perdarahan. Vagina mengeluarkan darah setelah berhubungan seks masih terbilang normal dan umum terjadi.

Apa itu CIN 1?

Displasia merupakan sebutan medis untuk perubahan sel abnormal di serviks yang biasanya disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). CIN 1 adalah kepanjangan dari cervical intraephitelial neoplasia. CIN 1 merupakan abnormalitas yang ringan dan biasanya dapat hilang dan sembuh sendiri tanpa pengobatan.

Apakah BPJS bisa digunakan untuk Pap Smear?

batampos.co.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS ) Kesehatan memfasilitasi pemeriksaan gratis deteksi dini kanker serviks dengan metode pap smear. Hanya saja, fasilitas ini berlaku bagi wanita peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang sudah menikah.

Kapan sebaiknya melakukan tes Pap smear?

Pap Smear sebaiknya mulai dilakukan secara rutin dalam tiga tahun sekali ketika Anda telah menikah ataupun telah melakukan hubungan seksual. Pemeriksaan ini memeriksa jaringan sel serviks atau leher rahim Anda. Pemeriksaan ini dilakukan ketika Anda tidak sedang mengalami menstruasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *