Tanya pembaca: Apa Itu Sistem Zonasi?

Apakah yang dimaksud dengan sistem zonasi?

Sistem zonasi adalah sebuah sistem pengaturan proses penerimaan siswa baru sesuai dengan wilayah tempat tinggal. Sistem tersebut meraih kritikan karena beberapa murid malah diterima di sekolah yang memiliki jarak yang lebih jauh ketimbang sekolah terdekat.

Apakah 2020 ada zonasi?

PPDB 2020 Tetap Sistem Zonasi, Kuota Jalur Prestasi Ditambah 13 Desember 2019 ← Back. Jakarta, Kemendikbud — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan tetap menjalankan kebijakan zonasi dalam sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) pada tahun 2020.

Bagaimana sistem zonasi SMA 2020?

Dengan demikian skema kuota jalur zonasi PPDB 2020 berubah menjadi: jalur zonasi 50 persen, afirmasi 15 persen, pindahan 5 persen dan jalur prestasi 30 persen. Zonasi tidak hanya mengatur pemerataan kualitas sekolah dan peserta didik, tetapi juga menitikberatkan pada peran dan komposisi guru di suatu daerah.

Apakah tahun ini ada sistem zonasi?

Liputan6.com, Jakarta Sistem Zonasi kembali diterapkan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2020/2021. Aturan ini tertuang dalam Permendikbud Nomor 44 tahun 2019 yang ditandatangani Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim pada 10 Desember 2019.

You might be interested:  Apa Yang Dimaksud Induksi?

Apa itu jalur pendaftaran zonasi?

Suara.com – Jalur zonasi adalah salah satu jalur dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Jalur ini diperuntukkan bagi peserta didik yang berdomisili dalam wilayah zonasi yang ditetapkan Pemerintah Daerah. Calon siswa yang mendaftar jalur zonasi hanya perlu menyiapkan Kartu Keluarga (KK) sebagai syarat utama.

Apa itu jalur zonasi SMP?

Diketahui, jalur zonasi merupakan jalur penerimaan sekolah SMP dengan kuota paling banyak, yakni 40 persen dari kapasitas. Seleksi pertama dilakukan dengan menilai jarak rumah siswa ke sekolah sesuai dengan Permendikbud nomor 44 tahun 2019. Jika ini terjadi, maka siswa harus mengikuti seleksi usia.

Apakah SMK memakai sistem zonasi 2020?

PIKIRAN RAKYAT – Penerimaan Peserta Didik Baru pada Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) tidak didasarkan pada zonasi, tetapi hanya terdiri dari jalur prestasi, afirmasi, perpindahan orang tua/anak guru.

Apa tujuan sistem zonasi?

Sistem zonasi merupakan salah satu kebijakan yang ditempuh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menghadirkan pemerataan akses pada layanan pendidikan, serta pemerataan kualitas pendidikan nasional.

Berapa km zonasi SMA 2019?

Zonasi PPDB: SD Maksimal 3 KM, SMA Boleh 10 KM.

Apakah jalur zonasi menggunakan nilai?

Jalur Zonasi tidak boleh menggunakan nilai Ujian Nasional. Untuk jalur ini kriteria seleksi dapat menggunakan nilai Ujian Nasional.

Sistem zonasi dimulai sejak kapan?

Sistem Zonasi PPDB yang sebenarnya sudah dibuat sejak tahun 2016 memiliki beberapa kelebihan. Menurut Mendikbud Muhadjir Effendy, sistem zonasi akan mempercepat pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia.

Jalur Prestasi apa saja?

Jalur prestasi adalah jalur yang disediakan bagi calon peserta didik yang memiliki prestasi akademik dan nonakademik. Prestasi akademik berdasarkan nilai rapor dan akreditasi sekolah. Sementara prestasi nonakademik berdasarkan prestasi kejuaraan yang diraih oleh peserta didik.

You might be interested:  Pertanyaan: 19 Januari Zodiak Apa?

Apakah PPDB 2021 masih zonasi?

Berdasarkan Permendikbud tersebut, PPDB 2021 untuk SD, SMP, dan SMA akan dilaksanakan melalui beberapa jalur pendaftaran, yakni zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orangtua/wali, dan prestasi kecuali untuk jenjang SD.

Kapan PPDB 2021 2022 dibuka?

Dan tidak kalah penting dan mendesak juga untuk diketahui orang tua calon peserta didik baru adalah PPDB untuk tahun pelajaran 2021-2022 telah dibuka secara resmi pada hari Rabu, 9 September 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *