Tanya pembaca: Apa Itu Spt Tahunan?

Apa sanksi jika tidak melaporkan SPT Tahunan?

Di dalam pasal 7 UU KUP dijelaskan, wajib pajak orang pribadi akan dikenai sanksi sebesar Rp 100.000 bila tidak lapor SPTnya. Sementara untuk wajib pajak badan, sanksi yang ditetapkan sebesar Rp 1 juta.

Siapa saja yang wajib melaporkan SPT Tahunan?

Mengutip laman Direktorat Jenderal Pajak, orang yang dapat melakukan pelaporan SPT Tahunan adalah mereka yang sudah terdaftar sebagai Wajib Pajak (WP). Adapun terdaftarnya seseorang menjadi WP ditandai dengan adanya kepemilikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Bagaimana cara mengurus SPT Tahunan?

Jika sudah memiliki akun maka Anda tinggal mengikuti langkah berikut:

  1. Kunjungi Website DJP Online. Isi kolom sesuai petunjuk.
  2. Pilih e-Filing atau e-Form.
  3. Mulailah Buat SPT.
  4. Jawab Pertanyaan di Formulir.
  5. Pilih Formulir yang Akan Digunakan.
  6. Isi Data Formulir SPT.
  7. 7. Isi Lampiran II.
  8. Isi Lampiran I/Bagian Kolom Harta.

Berapa denda tidak melaporkan SPT Tahunan?

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mengenakan sanksi berupa denda sebesar Rp100 ribu sampai Rp1 juta bagi wajib pajak yang terlambat melaporkan Surat Pemberitahuan ( SPT ) Tahunan 2020.

Kalau tidak lapor SPT bagaimana?

Sementara, batas waktu lapor SPT bagi wajib pajak badan jatuh pada 30 April 2021. Jika tak melaporkan SPT tahunan, wajib pajak dapat dikenai sanksi. Berdasarkan Undang-undang tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU KUP), sanksi bisa berupa denda bahkan pidana penjara.

You might be interested:  Tanya pembaca: Apa Penyebab Kantung Mata?

Penghasilan di bawah PTKP apakah wajib lapor SPT Tahunan?

Wajib pajak berpenghasilan di bawah PTKP ( Penghasilan Tidak Kena Pajak) tidak perlu lapor SPT Tahunan. Wajib pajak cukup menyampaikan permohonan sebagai wajib pajak Non Efektif (WP NE) di KPP terdaftar. Untuk itu diperlukan edukasi kepada WP tersebut.

Apakah karyawan wajib lapor SPT?

Bagi wajib pajak orang pribadi yang berprofesi sebagai pegawai atau karyawan dengan penghasilan di bawah Rp 60 juta juga wajib lapor SPT Tahunan.

Wajibkah Lapor SPT Tahunan?

Sesuai dengan prinsip self assessment, wajib pajak yang memenuhi persyaratan subjektif dan objektif mempunyai kewajiban untuk melaporkan SPT Tahunan. Keberhasilan sistem perpajakan sendiri melekat dengan kepatuhan wajib pajak memenuhi kewajiban perpajakannya secara sukarela (voluntary of compliance).

Bagaimana Mendapatkan EFIN secara online?

Berikut cara mendapatkan e-FIN:

  1. Unduh Formulir EFIN di situs resmi Ditjen Pajak Unduh Formulir Aktivasi e-FIN di Sini.
  2. Isi formulir EFIN.
  3. Lengkapi dokumen, seperti KTP (asli dan fotokopi) untuk WNI atau KITAS (asli dan fotokopi) untuk WNA, NPWP (asli dan fotokopi)

Langkah langkah pelaporan SPT Online?

Berikut adalah cara lapor pajak online e-filing Formulir 1770 SS lewat situs web DJP Online. Buka situs web pajak online http://djponline. pajak.go.id di ponsel atau komputer, kemudian masukkan NPWP, kata sandi, kode keamanan, dan klik login. Pilih layanan “e-filing”. Klik “Buat SPT ”.

Bagaimana cara membayar denda pajak?

Telat Lapor SPT Tahunan, Ini Cara Mudah Bayar Denda untuk Wajib Pajak Pribadi

  1. Siapkan dokumen STP.
  2. Buka aplikasi DJP Online.
  3. Isi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), kemudian lengkapi password dan kode keamanan (captcha).
  4. Selanjutnya pilih menu Bayar.
  5. Klik e-billing.
  6. Isi formulir surat setoran elektronik.
You might be interested:  Tanya pembaca: Bayi Umur 2 Bulan Bisa Apa?

Kapan laporan SPT Tahunan 2021?

TEMPO.CO, Jakarta – Hari ini, Rabu, 31 Maret 2021, adalah batas terakhir pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan ( SPT ) Pajak Penghasilan 2020 untuk wajib pajak orang pribadi. Ini adalah batas terakhir untuk melakukan lapor pajak online dan pemerintah memastikan tidak akan ada perpanjangan waktu.

Bagaimana jika telat bayar pajak NPWP?

Besaran denda untuk keterlambatan pelaporan SPT bagi wajib pajak yang memiliki NPWP, yakni: Denda Rp 100.000 untuk wajib pajak pribadi ( NPWP pribadi) Denda Rp 1.000.000 untuk wajib pajak badan. Denda Rp 100.000 untuk Surat Pemberitahuan Masa lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *