Tanya pembaca: Apa Yang Akan Terjadi Bila Planaria Dipotong Pada Bagian Tengah Tubuh Melintang?

Apa yang terjadi jika planaria dipotong menjadi tiga bagian secara melintang seperti gambar di bawah ini?

Jawaban: Masing-masing bagian kepala,tengah, dan ekor planaria tersebut akan membentuk planaria yang baru sehingga akan menjadi 3 planaria baru.

Apa yang akan terjadi jika planaria dipotong seperti pada gambar secara membujur?

Apabila planaria dipotong pada bagian tengah tubuh secara membujur, maka yang akan terjadi adalah bagian kiri yang terpotong akan tumbuh bagian kanan (baru), dan bagian kanan yang terpotong akan tumbuh bagian kiri (baru), sehingga nantinya planaria akan berkembang biak membentuk individu baru yang utuh.

Apa yang akan terjadi pada bagian kepala saja yang dibelah?

Jika planaria dipotong pada bagian tubuh di daerah kepala maka planaria akan menumbuhkan kepala baru. – bagian kelapa tanpa badan dan tanpa ekor, yang kemudian akan menumbuhkan badan dan ekor.

Apa yang terjadi jika planaria dipotong pada bagian tubuh di dekat kepala dan dibelah pada bagian ekor?

Jawaban. Planaria memiliki kemampuan untuk regenerasi. Apa yang akan terjadi jika planaria dipotong pada bagian tubuh di dekat kepala dan dibelah pada bagian ekor? ∆ bagian kepala akan membelah membentuk menjadi individu baru dan bagian ekor akan bercabang menjadi dua atau terbelah.

You might be interested:  Jawaban Cepat: Apa Itu Olahraga Kardio?

Bagaimana tubuh planaria yang telah putus dapat tumbuh menjadi?

Jawaban. Penjelasan: setelah planaria terpisah dr tubuh induknya maka cacing planaria ini akan menghasilkan individu baru.

Apa nama cara perkembangbiakan seperti yang terjadi pada planaria tersebut?

cacing pipih ( Planaria ) berkembang biak dengan cara fragmentasi. Fragmentasi merupakan pemutusan bagian tubuh. Setelah tumbuh mencapai ukuran yang normal, Planaria secara spontan terbagi-bagi menjadi beberapa bagian. Setiap bagian berkembang menjadi dewasa dan proses tersebut akan terulang kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *