Tanya pembaca: Apa Yang Akan Terjadi Jika Planaria Dipotong Pada Bagian Tengah Tubuh Secara Membujur?

Apa yang akan terjadi jika planaria dipotong seperti pada gambar secara membujur?

Apabila planaria dipotong pada bagian tengah tubuh secara membujur, maka yang akan terjadi adalah bagian kiri yang terpotong akan tumbuh bagian kanan (baru), dan bagian kanan yang terpotong akan tumbuh bagian kiri (baru), sehingga nantinya planaria akan berkembang biak membentuk individu baru yang utuh.

Apa yang akan terjadi jika planaria dipotong pada bagian tubuh dekat kepala dan dibelah pada bagian ekor?

Jawaban. Planaria memiliki kemampuan untuk regenerasi. Apa yang akan terjadi jika planaria dipotong pada bagian tubuh di dekat kepala dan dibelah pada bagian ekor? ∆ bagian kepala akan membelah membentuk menjadi individu baru dan bagian ekor akan bercabang menjadi dua atau terbelah.

Perhatikan gambar berikut apa yang terjadi bila planaria dipotong menjadi tiga bagian yaitu bagian kepala bagian tengah dan ekor?

Jawaban. Jawaban: Masing-masing bagian kepala, tengah, dan ekor planaria tersebut akan membentuk planaria yang baru sehingga akan menjadi 3 planaria baru.

Termasuk cara perkembangbiakan apakah pada cacing Planaria tersebut?

cacing pipih ( Planaria ) berkembang biak dengan cara fragmentasi. Fragmentasi merupakan pemutusan bagian tubuh. Setelah tumbuh mencapai ukuran yang normal, Planaria secara spontan terbagi-bagi menjadi beberapa bagian. Setiap bagian berkembang menjadi dewasa dan proses tersebut akan terulang kembali.

You might be interested:  FAQ: Apa Itu Pencucian Uang?

Apa yang akan terjadi pada bagian kepala saja yang dibelah?

Jika planaria dipotong pada bagian tubuh di daerah kepala maka planaria akan menumbuhkan kepala baru. – bagian kelapa tanpa badan dan tanpa ekor, yang kemudian akan menumbuhkan badan dan ekor.

Disebut apakah proses reproduksi pada planaria?

Fragmentasi merupakan proses reproduksi aseksual pada planaria, dengan membelah diri secara transversal, masing-masing belahan mengembangkan bagian-bagian yang hilang dan berkembang menjadi satu organisme utuh.

Apakah Cacing bertelur?

Dalam sehari, cacing gelang betina dapat bertelur hingga 200.000 telur. Mulanya, telur cacing yang tertelan oleh manusia akan menetas di dalam usus menjadi bentuk larva. Larva cacing kemudian menembus dinding usus dan terbawa oleh aliran darah menuju paru-paru. Larva pun hidup di organ ini sampai menjadi cacing dewasa.

Bagaimana cara cacing planaria melakukan fragmentasi jelaskan?

Planaria akan melakukan fragmentasi yaitu dengan cara mematahkan tubuhnya menjadi beberapa potongan tubuh, kemudian masing masing potongan tubuh tersebut akan melengkapi bagian tubuh yang hilang sehingga terbentuk individu baru yang utuh.

Cacing berkembang biak dengan cara apa?

Beberapa invertebrata, misalnya jenis cacing pipih (Planaria) berkembang biak dengan cara fragmentasi. Invertebrata lain melakukan melakukan reproduksi aseksual dengan cara pertunasan (budding). Pertunasan merupakan proses terbentuknya tunas kecil (yang serupa dengan induknya) dari tubuh induk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *