Kapan Belanda Pertama Kali Mendarat Di Indonesia?

Belanda pertama kali mendarat di Indonesia yaitu di pelabuhan Banten dengan empat buah kapal yang dipimpin oleh Kapten Pieter Keyzer dan Cornelsi de Houtman pada 23 Juni 1596. Kedatangan kapal Cornelis de Houtman dan awak kapalnya semula disambut dengan baik oleh para pribumi Banten.
Belanda pertama kali datang ke Indonesia dipimpin oleh Cornelis de Houtman. Kedatangan bangsa Belanda ke Indonesia terjadi pada tahun 1596 di pelabuhan Banten.

Kapan bangsa Barat pertama kali mendarat di Indonesia?

Jawaban : Bangsa Barat pertama kali mendarat di Indonesia di wilayah Malaka pada tahun 1511. Mulai akhir abad XV, bangsa Eropa berusaha melakukan penjelajahan samudra. Bangsa Eropa yang pernah melakukan penjelajahan dan penjajahan di Indonesia dimulai oleh bangsa Portugis. Kapal mereka pertama kali mendarat di Malaka pada tahun 1511.

Kapan bangsa Belanda datang ke Indonesia?

Bangsa Belanda datang pertama kali ke Indonesia pada tanggal 22 Juni 1596. Mereka mendarat di pelabuhan Banten setelah berlayar di lautan selama 14 bulan. Armada Belanda ini dipimpin oleh Cornelis de Houtman.

Siapa yang pertama kali mendarat di Banten?

Orang Belanda yang pertama kali berhasil mendarat di Banten tahun 1596 adalah Cornelis de Houtman. Dia mendarat bersama pelaut ekspedisi Belanda, seperti dikutip dari buku Sejarah SMP Kelas VIII oleh Drs. Anwar Kurnia dan Drs. H. Moh. Suryana.

Kapan penjelajah Belanda pertama kali masuk ke kepulauan Nusantara?

Para penjelajah Belanda pertama kali masuk ke kepulauan Nusantara pada tahun 1595 dengan empat buah kapal, 64 pucuk meriam, dan 249 awak yang dikomandoi oleh Cornelis de Houtman. Rombongan Cornelis de Houtman sampai di Banten setahun setelahnya, atau 1596.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *