Kapan Dan Di Mana Teks Proklamasi Dibacakan?

KOMPAS.com – Pada 17 Agustus 1945, diselenggarakan pembacaan teks proklamasi sebagai penanda kemerdekaan Indonesia. Pembacaan teks proklamasi digelar di halaman rumah Soekarno, di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56.

Kapan dan dimana teks proklamasi dibacakan?

Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan pada 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta. Naskahnya diketik oleh Sayuti Melik. Sedangkan penyusunan teks proklamasi dibuat oleh Ir. Soekarno, Ahmad Soebardjo, dan Mohammad Hatta.

Dimana teks proklamasi dibacakan *?

Teks proklamasi dibacakan oleh Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, yakni di kediaman Soekarno. Sebelumnya, sekitar pukul 05.00 WIB, Bung Hatta berpesan pada pemuda yang bekerja di kantor berita dan pers, terutama B.M.

Siapa yang membuat dan membacakan teks proklamasi?

Proklamasi dibacakan di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta. 3. Tokoh yang membuat teks proklamasi adalah Ir. Soekarno, Ahmad Soebardjo, dan Mohammad Hatta. Sedangkan pengetik naskah proklamasi adalah Sayuti Melik. Naskah proklamasi dibacakan oleh Ir. Soekarno.

Pada tanggal 17 Agustus 1945 Naskah Proklamasi Kemerdekaan RI ditandatangani atas nama bangsa Indonesia oleh?

JAKARTA – Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ditandatangani oleh Soekarno dan Mohammad Hatta.

Siapakah membacakan teks proklamasi?

Pada pagi hari tanggal 17 Agustus 1945, teks Proklamasi dibacakan oleh Ir Soekarno didampingi oleh Moh Hatta pukul 10.00 WIB. Dalam peristiwa itu, diadakan juga pengibaran bendera merah putih.

You might be interested:  Kapan Sebaiknya Minum Asifit?

Siapa yang menandatangani teks proklamasi brainly?

Jawaban: menandatangani teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia.

Naskah proklamasi ditandatangani oleh Sukarno dan Mohammad Hatta Padahal Sukarno meminta yang menanda tangani naskah adalah?

Tetapi Sukarni tidak setuju, ia mengusulkan agar ditandatangani oleh Soekarno dan Mohammad Hatta mewakili bangsa Indonesia. Akhirnya semua yang hadir setuju usul Sukarni. Hasilnya adalah teks Proklamasi dengan tanda tangan Soekarno dan Mohammad Hatta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *