Kapan Dimulainya Takbir Idul Adha?

Sedangkan menurut Imam Syafi’i, takbir dimulai sejak terbenam matahari di hari akhir Ramadhan sampai dimulainya khotbah. Kemudian, takbir Idul Adha dilafadzkan sejak Subuh di hari Arafah hingga hari tasyrik terakhir. Lalu, hukum bertakbir hari kedua sunnah dan diucapkan tidak terbatas pada waktu-waktu tertentu, tetapi berlaku untuk semua waktu.

Kapan takbir dimulai?

Dalam fatwa tersebut dipaparkan bahwa takbir dimulai sejak sesudah shalat subuh di hari Arafah (tanggal 9) sampai akhir hari Tasyrik, dengan berdasarkan beberapa dalil berikut ini; Para sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam seperti Umar, Ali dan Ibnu Mas’ud telah bersepakat bahwa waktu dimulainya takbir adalah pada waktu subuh di hari Arafah.

Kapan takbir khusus pada tanggal 9 sampai 13 Zulhijjah?

Pembahasan seputar takbir khusus pada tanggal 9 sampai 13 Zulhijjah. Dalam fatwa tersebut dipaparkan bahwa takbir dimulai sejak sesudah shalat subuh di hari Arafah (tanggal 9) sampai akhir hari Tasyrik, dengan berdasarkan beberapa dalil berikut ini;

Kapan takbir pertama dilaksanakan?

Takbir yang pertama adalah takbir yang bersifat umum, dilaksanakan mulai dari tanggal 1-10 bulan Zulhijjah karena keutamaan dari 10 hari tersebut. Sedangkan takbir yang kedua bersifat khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *