Kapan Indonesia Mengalami Bonus Demografi?

Pada 2030-2040, Indonesia diprediksi akan mengalami masa bonus demografi, yakni jumlah penduduk usia produktif (berusia 15-64 tahun) lebih besar dibandingkan penduduk usia tidak produktif (berusia di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun). Bonus demografi Indonesia ini akan jadi berkah atau kutukan tergantung bagaimana memanfaatkan ini.
JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, sejak tahun 2012 lalu Indonesia telah mengalami bonus demografi.

Apakah Indonesia telah mengalami bonus demografi?

Indonesia diketahui menjadi negara yang kini memiliki bonus demografi atau ledakan penduduk. Pasalnya jumlah penduduk usia produktif lebih tinggi dibandingkan usia non produktif.

Bonus demografi terjadi karena apa?

Jawaban: Bonus demografi terjadi apabila sebelumnya suatu negara memiliki jumlah penduduk usia muda yang tinggi. Ini banyak terjadi di negara berkembang karena pada dasarnya jumlah penduduk muda di negara berkembang sudah tinggi.

Bagaimana dampak ekonomi dari bonus demografi di Indonesia?

Dampak positif yang dapat kita dapatkan dari bonus demografi antara lain, membuka peluang tenaga kerja, membantu perkembangan ekonomi Indonesia di mana semakin banyak individu yang mendapatkan kesempatan kerja, maka kian banyak juga sumber daya manusia yang dapat dimanfaatkan.

You might be interested:  Mengapa Anda Perlu Belajar Kimia?

Apa itu bonus demografi dan dampaknya?

Pengertian dari bonus demografi ialah keuntungan yang suatu negara dapatkan karena memiliki proporsi penduduk produktif (usia 15-64 tahun) yang besar. Keuntungan tersebut terlihat dari menurunnya rasio ketergantungan sebagai hasil dari proses penurunan fertilitas jangka panjang.

Apa masalah utama kependudukan di Indonesia?

Masalah kependudukan di Indonesia adalah persebaran penduduk yang tidak merata. Akibat dari tidak meratanya penduduk, luas lahan pertanian di pulau jawa semakin sempit karena dijadikan lahan permukiman dan industri.

Apa saja ciri ciri sebuah negara mengalami bonus demografi?

Ciri-ciri dari bonus demografi yaitu, lebih banyaknya penduduk usia produktif (15-64) tahun dibandingkan dengan penduduk usia tidak produktif (0-15) tahun dan (64) tahun keatas.

Apa yang mempengaruhi demografi?

Ada tiga faktor demografi yang memengaruhi laju pertumbuhan penduduk yaitu fertilitas (kelahiran), mortalitas (kematian), dan migrasi (Anggraini, 2012).

Apa saja dampak negatif dari bonus demografi?

Selain punya keuntungan, apa itu bonus demografi juga punya dampak negatif yang perlu diwaspadai. Salah satunya adalah angka pengangguran bisa semakin menjadi. Hal itu bisa terjadi apabila tidak dibarengi dengan tersedianya lapangan kerja yang pas dengan angka bonus demografi yang mencapai 70%.

Bagaimana dampak negatif dari bonus demografi terhadap sektor ekonomi dan pembangunan?

Dampak negatif bonus demografi adalah pengangguran. Pengangguran adalah penduduk usia kerja yang tidak bekerja atau sedang mencari pekerjaan. Hal ini sangat mengkhawatirkan karena akan menjadi beban bagi perekonomian daerah tersebut.

Apakah yang dimaksud dengan bonus demografi dan apa manfaatnya bagi negara Indonesia?

Seperti yang sudah Glints paparkan, bonus demografi adalah kondisi di mana jumlah masyarakat usia produktif lebih banyak dari usia nonproduktif. Hal tersebut bisa memicu pertumbuhan ekonomi dan pembangunan Indonesia dengan terjadinya peningkatan tabungan masyarakat dan tabungan sosial.

You might be interested:  Mengapa Mata Disebut Sebagai Fotoreseptor?

Apa yang dimaksud dengan demografi?

Demografi atau ilmu kependudukan adalah ilmu yang mempelajari dinamika kependudukan manusia. Demografi meliputi ukuran, struktur, dan distribusi penduduk, serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu akibat kelahiran, kematian, migrasi, serta penuaan.

Apa saja contoh demografi?

Apa Sajakah Jenis Data Demografis?

  • Ukuran populasi.
  • Kepadatan penduduk.
  • Usia.
  • Jenis kelamin.
  • Etnisitas.
  • Tingkat Pendidikan.
  • Status pernikahan.
  • Angka kelahiran.
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *